Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Sekumpul Buleleng menjadi destinasi wisata alam yang hits dan populer di Bali dengan ketinggian 100 meter.

Lokasi: Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Kabupaten Buleleng Bali menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena memiliki berbagai objek wisata yang meminat hati para pelancong. Kabupaten ini dianugerahi dengan panorama alam yang begitu indah yang masih asri dan terjaga. Salah satu objek wisata yang paling hits dan populer di Buleleng Bali ini yaitu Air Terjun Sekumpul.

Air terjun ini salah satu wisata alam paling indah yang ada di Pulau Dewata. Air terjun ini memiliki air yang sejuk dan dingin dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Tak jarang para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong untuk mengunjungi objek wisata satu ini.

Bagi Anda yang sedang atau akan berlibur ke Pulau Dewata, Air Terjun Sekumpul menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyimak beberapa penjelasan mengenai Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali.

Objek Wisata Air Terjun Cantik di Buleleng Bali

Objek Wisata Air Terjun Cantik di Buleleng Bali
Image Credit: Pegipegi.com

Air Terjun Sekumpul menjadi objek wisata yang paling diincar oleh para pelancong. Seperti halnya namanya, air terjun ini merupakan sekumpulan air terjun yang berjumlah tujuh buah dan terletak berjauhan.

Masyarakat Bali biasa menyebutnya dengan air terjun pemuatan, sedangkan para wisatawan mancanegara biasa menyebutnya dengan seven points waterfall. Air terjun ini terletak tersembunyi di Kabupaten Buleleng dan harus melewati jalur yang cukup sulit.

Akses jalan yang sulit ini akan langsung terbalas saat melihat pemandangan air terjun yang begitu memukau. Anda akan disuguhi pesona surga dunia yang tak kalah indah dengan objek wisata lainnya yang terdapat di Pulau Bali.

Air terjun ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri. Dari tujuh buah air terjun, terdapat dua buah air terjun yang letaknya saling berdekatan. Kedua air terjun ini memiliki debit air dan ketinggian yang berbeda. Selain itu, kedua air terjun ini juga bersumber dari aliran yang berbeda.

BACA JUGA:  Kebun Raya Bedugul, Berwisata Sambil Belajar Tumbuhan di Botanical Garden Bali
Objek Wisata Air Terjun Cantik di Buleleng Bali
Image Credit: Rentalmobilbali.net

Air terjun sebelah kanan berasal dari air mata pegunungan, sedangkan air terjun sebelah kiri berasal dari aliran sungai. Pada musim hujan, kedua air ini memiliki aliran air yang berbeda warnanya. Air terjun yang bersumber dari aliran sungai memiliki warna air yang lebih keruh, sedangkan air terjun yang bersumber dari air pegunungan memiliki warna yang tetap jernih.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Air Terjun Sekumpul Anda harus menyiapkan tenaga yang cukup karena akses jalannya yang begitu melelahkan. Anda disarankan untuk memakai sandal anti selip karena jalannya yang licin. Selain itu, Anda juga harus membawa aneka makanan dan minuman. Karena tidak terdapat penjual makanan ataupun warung-warung yang berdiri di kawasan air terjun ini.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sekumpul

Kegiatan Menarik di Air Terjun Sekumpul
Image Credit: Bali.com

Air terjun di Buleleng ini memiliki pemandangan alam yang begitu memukau. Aliran air terjun yang aman dapat Anda gunakan untuk bermain air. Anda harus menyiapkan baju ganti saat berlibur ke objek wisata satu ini.

Disini Anda juga dapat melakukan kegiatan renang. Air yang tidak terlalu dalam dan arus yang relatif tenang menjadikan lokasi ini aman untuk Anda yang ingin berenang. Anda akan merasakan sensasi segar yang luar biasa saat menceburkan diri di dalam air. Sebab, air pada Air Terjun Sekumpul bersumber dari dua aliran, yaitu aliran air pegunungan dan aliran dari sungai.

Selain berenang, Anda juga dapat melakukan kegiatan yoga di pinggir-pinggir air terjun. Suasana sejuk dan damai akan membuat Anda fokus saat melakukan yoga. Anda juga dapat menghirup udara segar sambil merilekskan otak dari beban pikiran.

Objek wisata tersembunyi ini juga menyediakan berbagai spot foto alami yang instagramable. Anda dapat berfoto ria dengan pemandangan air terjun maupun pepohonan di sekitar kawasan air terjun. Tak jarang pula, banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara yang melakukan foto pre-wedding di kawasan ini.

Disini Anda juga dapat melakukan kegiatan trekking ke dalam kawasan Air Terjun Sekumpul sambil menikmati pemandangan asri nan hijau. Anda bisa mengeksplor lebih dalam dan menikmati pemandangan air terjun tersembunyi lainnya, seperti air terjun fiji. Jangan khawatir, Anda akan dipandu oleh pemandu wisata agar tidak tersesat dan selamat sampai tujuan.

BACA JUGA:  9 Tempat Wisata di Legian Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sekumpul Buleleng

Fasilitas di Air Terjun Sekumpul Buleleng
Image Credit: Balibalibeach.com

Meskipun telah menjadi objek wisata yang terkenal sampai ke mancanegara, kawasan Air Terjun masih minim akan fasilitasnya. Para pengelola wisata hanya menyediakan fasilitas buatan berupa musholla, toilet bersih, serta area parkir yang luas.

Terdapat pula beberapa gazebo yang dibangun di pinggir kawasan air terjun. Gazebo ini dibangun sebagai tempat istirahat para wisatawan. Gazebo ini juga dapat digunakan untuk menyimpan keperluan dan kebutuhan para wisatawan agar tidak hilang.

Pengelola objek wisata Air Terjun Sekumpul juga menyediakan jalur trekking bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan ini lebih dalam. Terdapat 2 jalur trekking yang disediakan yaitu medium trekking dan long trekking. Jalur trekking ini akan membawa Anda ke air terjun lainnya yang tak kalah indah.

Untuk melewati jalur trekking ini, Anda juga akan didampingi oleh pemandu wisata. Pemandu wisata akan menunjukkan jalan agar tidak tersesat dalam perjalanan. Pemandu wisata juga akan menjelaskan objek-objek wisata yang terdapat di trek tersebut.

Disini Anda diwajibkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar kawasan objek wisata. Sebab pengelola tidak menyediakan warung-warung yang dibangun di dalam kawasan wisata untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Jika ingin membeli makanan ataupun minuman, Anda harus keluar terlebih dahulu dari destinasi wisata ini.

Lokasi & Rute Menuju Kawasan Air Terjun Sekumpul

Lokasi Air Terjun Sekumpul
Image Credit: Befreetour.com

Akses yang ditempuh untuk menuju kawasan wisata Air Terjun Sekumpul sangatlah beragam. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah maupun dari luar negeri yang menggunakan jalur udara, Anda akan transit di Bandar Udara Ngurah Rai. Untuk sampai ke objek wisata ini Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 85 kilometer.

Anda akan menempuh perjalanan melalui beberapa daerah, yaitu Denpasar, Singaraja, Kuta, dan Buleleng. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi hamparan sawah yang hijau dan bangunan-bangunan khas Bali yang berjejer rapi dan terawat.

Untuk sampai ke Air Terjun Sekumpul, Anda dapat melewati Desa Sekumpul maupun melewati Desa lemukih. Jalan yang ditempuh untuk sampai ke objek wisata yaitu berupa jalan setapak yang berkelok-kelok dan tangga yang sedikit miring dan terjal. Anda harus ekstra hati-hati saat melewati jalan ini.

Akses jalan menuju Air Terjun Sekumpul sangatlah sulit. Sebab, air terjun ini terletak pada lokasi yang tersembunyi dan masuk ke dalam desa. Anda harus melewati sekitar 350 tangga untuk bisa sampai ke objek wisata.

BACA JUGA:  Pantai Tegal Wangi Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Saat dalam perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan berupa sawah-sawah hijau yang berundak. Selain itu, Anda juga dapat melihat rumah-rumah warga yang berjejer rapi dengan aneka pohon khas tropis yang menjulang tinggi. Pohon tersebut biasanya berupa pohon rambutan dan pohon durian.

Jalur perjalanan yang sulit ini akan langsung terbalas saat Anda menyaksikan pemandangan Air Terjun Sekumpul yang begitu indah. Anda akan merasa puas dan betah untuk berlama-lama di destinasi wisata satu ini.

Harga Tiket Masuk Kawasan Air Terjun

Harga Tiket Air Terjun Sekumpul
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sekumpul, Anda harus mengetahui terlebih dahulu harga tiket untuk memasuki kawasan objek wisata ini. Supaya Anda dapat menyiapkan berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk menikmati pemandangan di air terjun ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan indah Air Terjun Sekumpul, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000 saja. Untuk wisatawan asing harga tiketnya lebih mahal yakni Rp 20.000. Namun, harga tiket ini hanya untuk menikmati pemandangan air terjun saja, jika ingin menikmati eksplorasi lebih maka akan dikenakan biaya khusus.

Untuk melakukan ekplorasi alam lebih dalam lagi, Anda harus melewati jalur khusus dan dipandu oleh pemandu wisata. Terdapat dua jenis trekking yang dapat Anda pilih, yaitu medium trekking dan long trekking. Medium trekking dikenakan biaya sebesar Rp 125.000, sedangkan untuk long trekking dibandrol dengan harga Rp 200.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemandu wisata.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda juga akan dikenakan biaya untuk menjaga keamanan. Parkir untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Perlu Anda pahami bahwa harga yang dibandrol sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung dari kebijakan pengelola. Oleh sebab itu, Anda harus selalu update mengenai informasi harga tiket masuk dari pihak yang berwenang.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai objek wisata Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Balu, jangan lupa untuk singgah di air terjun ini. Anda dapat mengunjunginya di sela-sela waktu berlibur ataupun saat waktu luang. Semoga informasi di atas dapat semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda.