Air Terjun Pengibul salah satu objek wisata alam yang menawan dan tersembunyi di Bangli, Pulau Bali. Air terjun bertingkat ini menyuguhkan pemandangan asri, kesegaran dan hawa sejuk yang menarik dijelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli, Bali.

Air terjun memang kerap menjadi destinasi wisata yang paling ingin dikunjungi oleh pecinta alam dan penjelajah. Begitupula dengan air Terjun Pengibul yang kini diburu karena memiliki panorama alam begitu indah. Air terjun yang satu ini terletak di Bali. Lagi-lagi wilayah tersebut tidak henti-hentinya menyuguhkan pesona alam yang luar biasa.

Dengan pesona alam air terjun setinggi 15 meter, Anda pasti terpukau ketika pertama kali melihatnya. Rasakan indahnya air yang turun dari atas tebing tinggi menuju daerah yang lebih rendah. Belum lagi dengan semilir angin sejuk yang menambah syahdu suasana. Air Terjun Pengibul juga memiliki daya tarik lain dari pada yang lain.

Selain disebut sebagai Pengibul, ternyata tempat ini juga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Yeh Empel. Hal ini disebabkan air dari air terjun tersebut mengalir pula ke sebuah tukad Yeh Empel. Masih banyak lagi pesona yang dimiliki oleh air terjun Bali ini, sehingga membuat setiap pengunjung terkesan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Pengibul

Daya Tarik Air Terjun Pengibul
Image Credit: Google Maps (Hegyi Josef)

1. Air Terjun Berundak yang Indah

Pesona alam dari air terjun ini tidak bisa dinafikkan lagi adalah adanya sebuah aliran berundak. Pasalnya air terjun ini memiliki dua tingkatan sekaligus. Dengan tinggi seluruhnya sekitar 15 meter. Dari bagian tebing paling atas air turun menuju kolam di bawahnya. Selanjutnya kolam tersebut juga meluap menjadi air terjun baru, sehingga terkesan memiliki 2 air terjun sekaligus.

Anda akan melihat indahnya air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi juga tumbuhan paku di bagian tebingnya. Apalagi air terjun Pengibul terletak di area yang jauh dari keramaian.

BACA JUGA:  Indahnya Danau Batur, Danau Cantik Memesona di Bangli Bali

Pastinya pengunjung dapat bersantai ria menikmati liburan sebelum kembali beraktivitas padat. Anda bisa mandi di bagian kolam paling bawah, atau sedikit usaha menaiki batuan agar sampai di kolam teratas. Meski begitu tetap harus hati-hati saat menyeberang maupun mendaki ya.

2. Suasana Alamnya Masih Asri dan Terawat

Untuk Anda para pecinta wisata alam, air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang nampak syahdu. Bagaimana tidak, lokasinya yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun seolah melambai ke arah pengunjung. Dedaunan yang menjadi payung teduh teruntuk wisatawan membuat rileks badan.

Dipastikan pengunjung pasti betah berada di sini. Mulanya, Air Terjun Pengibul belum banyak diketahui orang. Namun, karena ada salah satu pengunjung yang upload di media sosial. Banyak orang yang kemudian tahu dan tertarik untuk mengunjungi air terjun berundak yang satu ini.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Pengibul
Image Credit: Google Maps (Eka Martawan)

3. Lokasi Penjelajahan

Untuk pengunjung yang suka dengan hal ekstrim. Air terjun ini akan menjadi tempat yang bagus untuk Anda memacu diri. Pasalnya agar sampai di tempat ini pengunjung harus melewati medan yang tidak mudah.

Apalagi kalau bulan sudah masuk musim penghujan. Boleh jadi kawasan trekking akan begitu licin dan juga curam. Meski begitu lelah tidak akan terasa sebab Anda akan menemukan alam dengan berbagai keindahannya yang masih kental.

Jalannya masih berupa tanah dengan pijakan bertingkat. Jadi siapkan mental dan juga alas kaki yang cocok untuk melewati jalur tersebut. Sekalian Anda bisa melakukan jelajah alam yang pastinya membuat liburan makin mengesankan.

4. Tempat Upacara Adat

Perlu Anda tahu bahwa sebelum Air Terjun Pengibul dikenal sebagai tempat wisata hits. Lokasi tersebut biasanya menjadi tempat berlangsungnya kegiatan spiritual. Salah satunya adalah Melasti, selain itu juga menjadi tempat berbagai kegiatan agama Hindu.

Namun, saat ini air terjun ini memang lebih terkenal sebagai lokasi wisata yang lagi ngehits di Bali. Tidak salah jika banyak wisatawan yang kerap datang ke sini. Apalagi ketika masa liburan tiba, air terjun seolah padat oleh wisatawan asing.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Pengibul

Alamat Air Terjun Pengibul
Image Credit: Google Maps (Reno Raphael Yang)

Air terjun yang satu ini memang banyak menarik perhatian wisatawan. Jika Anda memang ingin berkunjung kesini, datang saja ke Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

Adanya air terjun cantik ini menunjukkan bahwa pesona Bangli tidak pernah luntur. Wilayah tersebut terus saja menyajikan pesona alam yang nampak luar biasa. Meski trekkingnya masih cukup lembab dan curam. Medan ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemburu wisata alam.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Bangli Bali yang Terkenal Lezat

Agar sampai di Air Terjun Pengibul, ada beberapa rute yang harus Anda tempuh. Selain itu Anda juga bisa pilih dua opsi, menggunakan kendaraan pribadi atau memakai kendaraan umum.

Bagi yang memang memiliki kendaraan pribadi dan tahu bagaimana medan yang ada di Bali tentunya akan sangat mudah menjangkaunya. Bagi yang memakai kendaraan umum bisa mulai mencari bus tujuan Kecamatan Susut. Selanjutnya untuk bisa sampai di Desa Apuan, pengunjung harus menaiki ojek.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki beberapa meter. Pasalnya air terjun tersebut berada agak masuk ke dalam wilayah hutan. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati saat melakukan trekking ke wilayah tersebut.

Seperti tempat wisata pada umumnya, di Air Terjun Pengibul juga diberlakukan biaya masuk. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir sebab tiket dibanderol cukup murah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5000 saja Anda bisa akses segala kenampakan alam yang ada di sana.

Namun, tetap perhatikan cuaca saat akan mengunjungi air terjun cantik di Bangli ini. Pasalnya saat musim hujan tiba, medan yang harus dilewati cukup sulit. Jadi pastikan saat itu hari sedang cerah agar liburan Anda semakin mengesankan. Tempat ini dibuka mulai pukul 09.00 – 18.00 WITA.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Pengibul

Aktivitas di Air Terjun Pengibul
Image Credit: Google Maps (Skylar Clemons)

1. Berenang

Berwisata ke tempat di mana air mengalir secara alami memang kurang mengesankan jika tidak berenang. Nah, di Air Terjun Pengibul ini pengunjung dapat menikmati kesegaran airnya hanya dengan membayar Rp 5000 saja. Dengan kenampakan alam yang luar biasa ditambah sejuknya air yang mengalir dari sumber aslinya.

Membuat tubuh terasa nyaman seketika, pikiran pun senantiasa rileks tanpa beban. Jadi, pastikan Anda merasakan airnya yang negitu dingin merasuk kulit. Apalagi jika cuaca sedang terik, mandi di bawah guyuran air terjun akan sangat menyegarkan. Anda bisa berenang kesana kemari sepuasnya. Apalagi jika ke sini beramai-ramai pastinya berenang akan menjadi semakin menyenangkan.

2. Duduk Santai Menikmati Pemandangan

Seusai berenang, aktivitas yang bisa dilakukan selanjutnya adalah duduk santai di sekitar air terjun. Anda bisa bersantai di antara semak ataupun batuan alami hutan. Kicauan burung ditambah dengan irama air yang jatuh dapat menjadi musik alam yang membuat ketagihan.

BACA JUGA:  Gunung Batur, Mengintip Keindahan Gunung Berapi & Danau Eksotis di Bali

Duduk santai diambil menikmati dinginnya air yang membasuh kaki Anda, bisa jadi pengalaman tak terlupakan. Desiran angin khas hutan Pulau Bali menjadi ancaman tersendiri agar pengunjung lupa waktu. Tak terasa senja sudah mulai nampak, dan waktu berkunjung telah habis.

Aktivitas Dilakukan di Air Terjun Pengibul
Image Credit: Google Maps (4R1END)

3. Hunting Foto Keren

Hal yang tidak boleh ketinggalan saat berada di Air Terjun Pengibul adalah hunting foto keren. Tentunya hal ini dapat dilakukan jika Anda membawa kamera atau handphone dengan resolusi gambar yang baik. Ada banyak sekali spot foto yang bisa Anda gunakan sebagai background.

Apalagi dengan latar air terjun yang bertingkat. Aliran di air terjun ini tidak begitu deras, sehingga Anda bisa berdiri di bawahnya sambil eksis bersama teman ataupun keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa menampakkan panorama pepohonan yang rindang saat foto. Agar suasana asri di dalam foto pun dapat dilihat oleh banyak orang. Air Terjun Pengibul memang tempat yang indah untuk bisa jadi spot foto yang memenuhi media sosial Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Pengibul

Fasilitas di Air Terjun Pengibul
Image Credit: Google Maps (Gino Grach)

Untuk sebuah tempat wisata Air Terjun Pengibul memang belum memiliki fasilitas yang memadai. Pasalnya belum ada penjual maupun toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung. Lokasi penginapan pun berada cukup jauh dari lokasi air terjun. Meski begitu lokasi wisata ini dekat dengan pemukiman penduduk. Sehingga ketika ingin ke toilet bisa menggunakan milik warga sekitar.

Dengan panorama alam yang indah, belum adanya fasilitas tidak menjadi masalah. Pasalnya tempat ini juga ada di dalam hutan. Wajar apabila penjual tidak bisa selalu akses jalannya yang licin dan curam. Jadi, pastikan Anda membawa perbekalan saat akan berkunjung kesana. Bawa pula baju ganti, sebab dipastikan Anda akan tergiur untuk berenang di tempat tersebut.

Berbagai hal mengenai Air Terjun Pengibul di atas tentunya membuat Anda semakin penasaran seberapa indah tempat wisata tersebut. Untuk itu liburan tahun ini, jangan lupa untuk memasukkan wisata alam ini ke dalam list destinasi Anda ya. Dijamin Anda tidak akan kecewa ketika berkunjung ke sini. Apalagi untuk para pecinta alam pasti sangat mendambakan berada di alam bebas meski hanya sejenak. Selamat Berlibur.