Air Terjun Peguyangan salah satu wisata alam yang unik di Nusa Penida, Bali yang ekstrim. Destinasi menantang yang kaya pesona alam di Pulau Dewata layak untuk dieksplor untuk petualangan liburan yang seru.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batukandik, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Bali terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan menawan. Air Terjun Peguyangan merupakan salah satu destinasi wisata yang indah dengan sejuta pesona yang dapat Anda temukan di lokasinya. Di kawasan ini Anda dapat mengunjungi beberapa area yang cukup menarik dan menantang jiwa petualangan Anda.

Kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas yang sangat menarik sembari melihat pemandangan yang indah ini. Selain pemandangan yang indah, kawasan ini juga sangat cocok untuk Anda yang menggemari petualangan dan olahraga ekstrim, mengingat bahwa perjalanan menuju lokasi ini tidaklah mudah.

Destinasi wisata yang satu ini memanglah unik dan menantang. Sehingga Anda perlu persiapan yang cukup matang dengan berbagai bekal informasi maupun bekal persiapan fisik. Berikut ini beberapa informasi yang cukup penting mengenai Air Terjun Peguyangan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk persiapan perjalanan wisata Anda yang menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Peguyangan

Daya Tarik Air Terjun Peguyangan Bali
Image Credit: Google Maps (Sebrang Hill)

1. Infinity Pool

Salah satu daya tarik dari kawasan air terjun ini ialah kolam alami yang terbentuk dari batuan karang yang terkikis. Kolam ini tidak hanya satu, melainkan beberapa kolam yang terdapat di bawah celah batu karang raksasa. Kolam ini perlahan terisi oleh air laut, dan ketika pasang, maka Anda dapat melihat deburan ombak yang menerpa karang yang menyusun kolam.

Kolam ini sangat indah dengan pemandangan menuju hamparan laut yang luas. Pinggir dari kolam ini masih alami dengan karang berwarna coklat muda yang indah dan menawan. Beberapa batu diselimuti oleh lumut tipis yang menandakan kealamian dari area ini. Air di kolam ini masih sangat segar dan pemandangannya yang indah membuat suasana di area ini lebih syahdu.

BACA JUGA:  Pantai Atuh, Pantai Indah Tersembunyi di Nusa Penida Bali

2. Pura Segara Kidul

Pura Segara Kidul merupakan objek wisata religius yang menjaga kawasan Air Terjun Peguyangan ini. Pengurus Pura juga mempersiapkan wisatawan untuk menjaga kesucian dari kawasan ini. Wisatawan yang hendak berkunjung ke lokasi harus mengenakan pakaian yang sopan, atau mengenakan kain putih jika terlanjur berpakaian terbuka.

Gerbang masuk menuju Pura ini cukup besar dan dibangun dengan megah. Lokasinya yang berada di balik tebing tidak membuat pesona tempat ibadah umat Hindu ini tertutup. Beberapa wisatawan lokal yang menganut agama Hindu, datang khusus ke tempat ini untuk sembayang kepada Penguasa Alam.

3. Air yang Jernih

Air yang mengalir dari Mata Air Guyangan ini sangat jernih dan segar. Oleh karena mata air ini disakralkan oleh penduduk setempat, tentunya Anda tidak dapat mengunjungi lokasi ini dengan sembarangan. Namun Anda dapat bebas mengunjungi kolam di bawah air terjun untuk mandi, berenang, ataupun melakukan aktivitas lainnya selama tidak melanggar norma yang berlaku.

Di kolam ini, Anda dapat merasakan segar dan bersihnya air yang mengalir dengan perlahan. Batu-batu karang yang berada di bawah kolam inipun dapat terlihat dengan sangat amat jelas. Pemandangan yang indah menambah pesona pantulan cahaya yang terlihat samar-samar. Tentunya hal ini dapat menambah kesan mendalam kenangan Anda pada lokasi ini.

Dan uniknya, karena air ini sangat bersih, Anda juga dapat meminum air ini secara langsung tanpa pengolahan. Rasa dari air ini tentunya jauh berbeda dengan air yang biasa Anda jumpai di rumah, maupun air kemasan. Dingin dan segar dengan kandungan mineral yang masih tinggi, begitulah kira-kira gambaran rasa air ini jika diminum secara langsung.

Daya Tarik Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Google Maps (Bali Bali)

4. Alam yang Masih Asri

Lokasi Air Terjun Peguyangan yang masih cukup sulit dijangkau membuat kondisi alam sekitar tidak diubah sama sekali oleh manusia. Keberadaan pengurus Pura juga membuat kawasan ini terjaga keindahan alamnya. Karang yang berukuran besar dengan selimut lumutnya mendominasi pemandangan di setiap sudut pandangan Anda.

Air yang jernih juga merupakan hasil dari mata air yang masih terjaga kealamiannya. Beberapa hewanpun dapat Anda lihat berada di pepohonan di sekitar area kolam ataupun terbang mengelilingi tebing-tebing yang tinggi. Suara-suara alam yang menenangkan dapat Anda dengar sepanjang kunjungan Anda menuju kawasan Air Terjun Peguyangan ini.

BACA JUGA:  Pohon Cinta, Tempat Unik Menikmati Alam Nusa Penida Bali

5. Batuan Karang yang Menawan

Batuan karang yang berada di kawasan ini memiliki ukuran yang sangat besar. Aliran air mengikis sebagian batu ini membentuk celah dan cekungan-cekungan indah yang dapat Anda nikmati keindahannya. Kombinasi warna yang gelap dan terang membuat pesona kawasan ini semakin berwarna dan sempurna.

Air yang mengalir tenang memantulkan keseimbangan warna dari karang-karang ini. Warna hijau dari lumut yang menyelimuti karang dan warna coklat batuannya membuat kombinasi warna yang sangat tenang dan nyaman untuk dipandang seharian. Kawasan ini dapat menjadi lebih indah lagi jika Anda kunjungi di waktu sore hari ketika matahari akan terbenam.

6. Perjalanan yang Menegangkan

Untuk mencapai ke lokasi Air Terjun Peguyangan ini, tentunya Anda akan melewati rintangan yang cukup menegangkan seperti melintasi tebing tinggi dengan lebih dari 800 anak tangga. Untuk Anda yang takut dengan ketinggian, maka Anda harus lebih berhati-hati dan waspada. Angin yang kencang dan pandangan yang sangat luas akan menantang Anda sepanjang perjalanan.

Namun, bagi Anda yang senang dengan tantangan dan petualangan, tentunya tantangan ini akan memberikan kesan yang indah dalam perjalanan Anda. Anda tetap harus waspada di sepanjang perjalanan oleh karena jalan di kawasan ini terdiri dari batu-batu karang yang diselimuti oleh lumut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Peguyangan

Alamat Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Google Maps (jiri janso)

Air Terjun ini memiliki lokasi yang cukup terpencil. Lokasinya berada di Nusa Penida, sebuah pulau kecil yang terletak di Selatan Pulau Bali. Jalan utama menuju lokasi ini berliku-liku dan cukup menantang. Setelah meletakkan kendaraan di area parkir, Anda harus berjalan menuju lokasi, dan menuruni tangga di samping tebing yang cukup curam.

Pantai ini belum dikelola secara langsung oleh pemerintah, sehingga biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menikmati pesona alam yang mempesona ini hanya berupa retribusi untuk parkir kendaraan dan sewa sarung atau kain untuk berkunjung ke Pura Segara Kidul. Biayanya tidak merogoh kocek terlalu dalam, sehingga Anda dapat berwisata dengan tenang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Peguyangan

Kegiatan Menarik di Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Google Maps (Ondrej Plotycia)

1. Berburu Foto

Berburu foto di kawasan wisata tentunya merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Beberapa orang rela datang di pagi buta untuk mencari foto dengan matahari yang baru terbit. Pemandangan alam yang indah dari karang-karang berukuran besar membuat setiap foto yang Anda ambil akan menjadi indah dan sempurna.

BACA JUGA:  Devil’s Tear, Tebing Karang yang Menantang di Nusa Lembongan Bali

Jika Anda mengambil foto pada sore hari, maka Anda akan melihat rona matahari yang akan terbenam terpantul jelas dari setiap air yang berada di kawasan ini. Selain pemandangan bukit karang, tentunya laut yang berada tidak jauh dari lokasi ini menambah objek foto yang dapat Anda cari. Hamparan laut yang memantulkan birunya langit ini menambah pesona kolam yang indah.

2. Mengunjungi Pura Segara Kidul

Pura Segara Kidul masih aktif hingga saat ini. Beberapa warga sekitar masih aktif berkunjung ke tempat ibadah ini. Anda juga dapat mengunjungi Pura untuk bermeditasi ataupun meminta izin untuk berenang di kolam mata air Guyangan dengan menikmati pemandangan air terjun hingga laut Nusa Penida yang begitu indah dan tenang.

3. Mandi di Aliran Mata Air

Berenang tentunya menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan sendirian maupun bersama dengan keluarga. Di kawasan Air Terjun Peguyangan ini, Anda tidak boleh berenang langsung di mata airnya. Namun Anda masih dapat merasakan segarnya mata air ini di kolam bawah deburan air terjun yang mengalir dengan kencang

Di kolam ini, Anda dapat menikmati suasana air terjun dengan tenang dan nyaman. Air kolam yang dingin dan segar dengan aroma pantai tentunya kombinasi yang cukup unik dan jarang ditemukan. Anda dapat menikmati suasana ini di pagi hari saat matahari baru mulai muncul, ataupun di sore hari dengan pantulan cahaya yang merah merona indah mengintip dari setiap sudutnya.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Peguyangan

Fasilitas Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Google Maps (Elodie Adams)

Oleh karena lokasi ini cukup sulit untuk dijangkau, hingga saat ini belum ada fasilitas yang memadai di dalam kawasan ini. Satu-satunya fasilitas yang ada ialah lahan parkir untuk meletakkan kendaraan bermotor Anda dengan aman. Oleh karena itu, penting untuk membawa perbekalan yang lengkap dan cukup ke dalam kawasan air terjun unik ini.

Kawasan ini tentunya cukup menarik dan menantang untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun pasangan Anda. Setelah membaca info diatas, Anda dapat mempersiapkan perjalanan Anda menuju Air Terjun Peguyangan Bali ini dengan lebih baik dan lebih tertata dengan rapi. Dan tentunya tidak lupa untuk mempersiapkan fisik Anda agar kuat untuk menelusuri Air Terjun yang indah ini.