Air Terjun Nungnung, harta karun tersembunyi di dasar lembah. Wisata air terjun tertinggi kedua di Bali dengan pesona alam yang eksotis dan layak Anda eksplor saat butuh liburan sejuk dan seru.

Lokasi: Belok/Sidan, Kec. Petang, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Air Terjun Nungnung adalah destinasi terkenal yang wajib ada dalam daftar kunjungan wisata jika Anda berlibur di Bali. Sebuah tempat yang berada di tengah-tengah pedesaan ini masih mempertahankan keasriannya di tengah keramaian para wisatawan yang berkunjung. Persawahan dan rimbunan pohon di sepanjang perjalanan sangat sayang untuk dilewatkan.

Pemandangan dari destinasi yang mulai dipromosikan dari tahun 1996 ini tidak berubah dan tetap indah walau sudah dikunjungi banyak orang. Bahkan keindahannya tidak sedikit membuat para pengunjung setianya kembali lagi dan lagi. Air Terjun ini mendapat predikat sebagai tempat wisata yang eksotis tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Bali.

Ketika Anda berkunjung ke Air Terjun Nungnung, Anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup memadahi. Beberapa kebutuhan memang lebih baik Anda persiapkan terlebih dahulu dari rumah, tetapi bukan berarti yang tersedia di sepanjang jalan menuju air terjun ini tidak cukup untuk bekal perjalanan. Fasilitas di sini tidak hanya terbatas pada warung makan dan saung untuk beristirahat.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Nungnung

Daya Tarik Air Terjun Nungnung
Image Credit: Google Maps (Karina and Maks Photography)

Daya tarik adalah hal paling penting bagi sebuah tempat wisata, seperti halnya Air Terjun Nungnung yang selalu memiliki keistimewaan yang dapat dinikmati oleh pengunjungnya. Suasana sejuk dan asri dapat menyegarkan pikiran anda yang sehari-hari disibukkan oleh pekerjaan. Bagi Anda yang berasal dari kota tetapi ingin merasakan keasrian alam yang masih terjaga, tempat ini sangat direkomendasikan.

1. Pemandangan yang Masih Terjaga Keasriannya

Menyatu dengan alam adalah keistimewaan dari wisata ini, sehingga ketika Anda berkunjung Anda akan dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan yang membuat mata segar. Ketika Anda menghirup oksigen, tubuh akan merasa tenang dan rileks karena udara yang tersedia masih alami dengan banyaknya pohon-pohon yang tertanam di sekitar jalan menuju air terjun.

BACA JUGA:  Pantai Padang Padang Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Pepohonan yang ada di sekitar jalan tampak menjulang tinggi, hijau dengan daunnya yang sangat rimbun menambah aroma kesejukan untuk setiap pengunjung. Keindahan yang tampak ini menunjukan pesona alam yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pesona ini mengingatkan kita bagaimana alam menyuguhkan keindahannya untuk bisa dinikmati.

Masih banyak tanaman liar yang tumbuh di sekitaran air terjun. Mereka seolah menjadi hiasan alami yang menambah keunikan Air Terjun Nungnung.

2. Air terjun tertinggi kedua di Bali

Salah satu daya tarik yang paling menonjol dari tempat ini adalah ketinggian dan debit air yang cukup deras. Berdasarkan data, tinggi air terjun ini berkisar 50 meter dan menjadikannya pemegang rekor air terjun tertinggi kedua setelah Air Terjun Sekumpul. Dengan ketinggian berada di 900 mdpl, tempat ini seolah diselimuti dinding lumut yang memesona.

Air Terjun Nungnung
Image Credit: Infokebali.com

3. Memiliki Banyak Spot Foto yang Keren

Karena letaknya di daerah dataran tinggi, sepanjang perjalanan Anda akan menemui banyak tanaman Paku, tanaman yang khas dari dataran tinggi yang merupakan macam vegetasi tanaman tropis. Tanaman Paku tumbuh subur dan jumlahnya sangat banyak, sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai spot foto yang menarik.

Keindahan yang disajikan Air Terjun Nungnung membuat tempat wisata ini dijuluki sebagai surga yang ada di Bali. Surga yang disediakan bagi pengunjung untuk dinikmati pemandangannya. Bila dilihat dari topografi wilayahnya, air terjun ini terletak di sudut kemiringan 50 – 60 derajat, sehingga tempat ini merupakan sebuah tebing dengan dinding lumut berdaya tarik kuat.

Dari awal perjalanan hingga sampai ke tujuan, Anda akan menemukan banyak spot foto, mulai dari saung yang disebut Bale-Bale atau Bale Bengong yang tersedia di beberapa titik, anak tangga yang memiliki latar belakang pepohonan cantik, sampai air terjun itu sendiri mempunyai kelebihan masing-masing untuk diabadikan dalam video dan foto.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Nungnung

Lokasi Air Terjun Nungnung
Image Credit: Google Maps (Brett Kwong)

Objek wisata ini merupakan satu dari sekian air terjun yang ada di Badung, Bali. Terletak di Desa Plagan, Anda dapat menemukan tempat satu ini sekalian jika berkunjung ke Kecamatan Petang. Biasanya disediakan paket liburan yang akan menuntun Anda dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain yang satu arah.

BACA JUGA:  Pantai Karma Kandara, Surga Tersembunyi Nan Eksotis di Pulau Bali

Memakan waktu 1.5 jam dari kawasan wisata Denpasar, Anda akan dibawa berkendara sejauh 50 kilometer jika melewati rute ini. Anda juga memiliki banyak pilihan dalam menentukan rute mana yang akan Anda ambil untuk datang ke sini. Sementara dari Bandara Ngurah Rai, Anda bisa menjalankan kendaraan Anda ke Jalan By pass Ngurah Rai dilanjut menuju Jalan Sunset Road.

Tiap Rute tentu memiliki jarak tempuh masing-masing. Seperti jika Anda memulai dari bandara, Anda akan sampai ke tujuan pada 1 jam 38 menit dan menempuh 56,2 kilometer untuk itu. Sesampainya di tujuan pun Anda akan kembali melakukan perjalanan menuruni anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Nungnung.

Memang tidak membutuhkan mudah dan lama untuk menuruni anak tangga, serta medan yang agak licin juga lembap membuat Anda harus berhati-hati agar tidak tergelincir. Anak tangga yang harus Anda turuni kurang lebih berjumlah 509 dengan turunan yang curam. Di beberapa titik terdapat Bale-Bale yang bisa digunakan untuk melepas penat serta mengisi tenaga dengan bekal yang dibawa.

Dengan jarak 400 meter dari pintu masuk, Anda akan melewati sebuah jembatan tinggi bernama Tukad Bakung beberapa meter sebelum sampai di titik lokasi. Anda akan menemui pemandangan sebuah lembah yang indah, perjalanan panjang Anda yang melelahkan akan terbayar lunas ketika sampai di tempat tujuan.

Harga tiket masuk kawasan air terjun ini sangat terjangkau untuk semua kalangan, yaitu sebesar 7500-15.000 rupiah per orang. Harga tiket yang ditawarkan belum termasuk biaya parkir kendaraan. Bagi pengunjung yang memakai kendaraan roda dua biaya parkir yang harus dibayarkan yaitu sebesar 5000 rupiah dan 10.000 rupiah untuk anda yang membawa kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Nungnung

Kegiatan di Air Terjun Nungnung
Image Credit: Instagram.com @conormccann

1. Berenang di Bawah Air Terjun

Ketinggian air terjun yang sampai 50 meter dengan debit air yang deras tentu menarik minat pengunjung untuk merasakan kesejukan airnya. Tiap titik memiliki kedalaman yang berbeda-beda, seperti aliran yang berada tepat di bawah air terjun berkisar 1 meter atau setara pusar pria dewasa.

Sementara itu, ketika Anda berenang mengikuti hilir sungai maka semakin dangkal tempatnya. Beberapa titik cekungan dasar sungai terbukti tidak terlalu dalam dan aman digunakan untuk anak-anak berenang.

2. Berfoto Bersama Teman atau Keluarga

Bukan sebuah kebohongan jika banyak spot foto menarik dan indah yang ada di Air Terjun Nungnung. Seperti foto berlatar air terjun, bergaya melompat dari ketinggian, atau pengambilan gambar yang melibatkan fotografer profesional. Tempat ini jelas merupakan surganya pemandangan alami.

BACA JUGA:  Zen Hideaway Ubud, Villa Tersembunyi & Romantis di Pulau Bali

Anda dapat menemukan jasa fotografer atau bisa juga meminta tolong pada pengunjung lain untuk mengambilkan gambar Anda bersama sahabat dan keluarga Anda.

3. Cocok Bagi yang Suka Bertualang

Sebelum sampai di titik lokasi, diharuskan melewati turunan anak tangga yang panjang dan juga melelahkan. Tetapi bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, spot yang licin dan curam justru menjadi tantangan tersendiri. Tetap harus berhati-hati saat berada di jalur ini.

Bawalah baju ganti dan jas hujan karena hujan dapat turun tiba-tiba dan menambah kelicinan sehingga sisi berbahaya tempai ini sedikit meningkat.

 4. Menyaksikan Upacara Adat Saat Hari Besar

Beberapa perayaan hari besar diadakan di Air Terjun Nungnung. Jika beruntung, Anda akan menyaksikan Atraksi Makotek, permainan yang dimainkan dengan banyak bambu. Para pengunjung pun tidak dilarang memasuki tempat wisata saat itu dengan catatan tidak mengganggu jalannya upacara adat.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Nungnung

Fasilitas di Air Terjun Nungnung
Image Credit: Google Maps (Made Dana)

Diantara banyaknya fasilitas yang ada di kawasan air terjun yaitu Bale Bengong atau gazebo yang menjadi tempat melepas penat di beberapa titik jalan menuju lokasi, toilet yang memasang tarif 2000 – 10.000 rupiah per orang, warung makan yang berada di sebelum pintu masuk Air Terjun Nungnung, dan lahan parkir yang luas.

Di lokasi air terjun menyediakan pusat kuliner yang menyajikan makanan khas Bali seperti ayam betutu, sate lilit, nasi jinggo dan menu khas lain. Terdapat juga penginapan sederhana yang berada di sekitar sana. Dengan menempuh jarak kurang dari 4 kilometer, Anda akan menemukan banyak tempat istirahat yang cocok dengan isi dompet Anda.

Fasilitas yang menunjang memang sudah cukup untuk standar sebuah tempat wisata, tetapi tidak menutup kemungkinan akan ditambah dan dilengkapi demi memberi kenyamanan kepada pengunjung. Diharapkan juga dengan bertambah ramainya pengunjung, fasilitasnya akan semakin bagus.

Demikian penjabaran tentang Air Terjun Nungnung yang mencakup daya tarik, fasilitas, alamat, hingga rute perjalanan yang dapat digunakan wisatawan sebagai panduan pengenalan. Dengan harapan tempat wisata ini akan semakin berkembang dan tentu menambah kenyamanan serta keamanan para wisatawan.