Air Terjun Munduk merupakan air terjun tipe plunge yang indah di Buleleng, Pulau Bali. Berada di tengah hutan membuat air terjun ini kaya pesona dan bisa menjadi tujuan alternatif liburan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali.

Tahun 1990 merupakan awal Desa Munduk diajukan sebagai sebuah desa wisata. Tujuan dijadikannya Desa Munduk sebagai desa wisata agar mampu mendatangkan banyak wisatawan ke tempat wisata ini. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang diharapkan tapi juga wisatawan dari luar Bali bahkan mancanegara.

Desa Munduk mempunyai pemandangan yang mempesona yang berasal dari alam. Pemandangan alam di area desa ini sangat asri, udaranya sejuk, dan kesan alami tampak jelas di desa ini. Tidak hanya pemandangan alam saja yang tersajikan, akan tetapi keramahan dari penduduk di Desa Munduk juga memberikan kenyamanan pada wisatawan yang datang.

Tidak lengkap rasanya jika membahas keindahan Desa Munduk tidak membahas tentang Air Terjun Munduk. Air terjun ini merupakan air terjun yang memiliki pesona menawan menjadi pelengkap kesempurnaan dari Desa Munduk sebagai desa wisata. Selain itu air terjun ini sebagai bukti bahwa keindahan Bali tidak hanya tentang pantai tapi terdapat banyak destinasi wisata lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk
Image Credit: Instagram.com @nicotemere

Setiap tempat wisata tentunya memiliki daya tarik yang mampu memikat para wisatawan. Air Terjun Munduk juga tentunya memiliki beberapa daya tarik diantara lain:

1. Pemandangan Air Terjun

Pemandangan di air terjun bernama Munduk ini akan mempesona para wisatawan yang datang. Perpaduan antara udara di air terjun yang sejuk dan gemericik air akan membuat para wisatawan merasakan kesegaran saat berada di bawahnya. Suasana yang asri dan alami inilah yang dicari oleh para wisatawan.

Suasana ini akan berguna sebagai obat mujarab melepas penat. Setelah lelah menjalani kesibukan rutinitas, maka berkunjung ke lokasi wisata ini sambil menikmati indahnya pemandangan akan membuat tenaga terisi kembali.

2. Diantara Perkebunan Kopi dan Cengkeh

Lokasi dari Air Terjun Munduk ini berada diantara 2 perkebunan yang membuatnya menarik. Perkebunan Kopi dan Cengkeh yang sangat luas di area sekitar air terjun. Sehingga para wisatawan tidak hanya disajikan pemandangan air terjun saja tapi dapat pula menikmati pemandangan dua perkebunan ini.

3. Air Terjun Magis

Menurut penduduk setempat, air dari air terjun ini diyakini memiliki khasiat. Air yang mengalir dari Air Terjun Munduk ini mengandung kandungan belerang atau sulfur. Sehingga air ini dapat menjadi obat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Penyakit kulit yang dapat disembuhkan seperti jerawat, gatal-gatal, panu, kurap, eksim, dan penyakit lainnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Munduk

Alamat Air Terjun Munduk
Image Credit: Google Maps (DURANTET REGIS)

Alamat dari lokasi wisata air terjun ini berada di Pulau Bali tepatnya di sebuah desa bernama Desa Munduk. Desa Munduk merupakan bagian dari kecamatan banjar yang berada di kabupaten Buleleng. Jika wisatawan berangkat mulai dari Kota Denpasar untuk mencapai Desa Munduk maka jarak yang ditempuh sejauh 70 km dengan waktu tempuh selama 3 jam.

Untuk rute perjalanannya di mulai dari Bandara internasional Ngurah Rai lalu menuju jalan By Pass Ngurah Rai. Dari jalan By Pass Ngurah Rai bertemu dengan perempatan di jalan Tohpati lurus sampai bertemu jalan Gatot Subroto. Setelah jalan Gatot Subroto akan menemui daerah Ubung lalu belok kanan menuju ke arah Kecamatan Mengwi.

Setelah sampai kecamatan Mengwi akan menemui Jalan Raya Kapal lalu terus sampai di daerah Bringkit. Jangan lupa setelah sampai di daerah Bringkit belok kanan menuju daerah Bedugul sampai bertemu dengan pertigaan yang mempunyai tikungan tajam berbelok ke arah kiri. Lalu memasuki Desa Gebleg hingga bertemu Restoran Ngiring Ngawedang dengan plang penunjuk ke lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Munduk Buleleng

Harga Tiket Air Terjun Munduk Buleleng
Image Credit: Google Maps (Alexander Michalowski)

Untuk memasuki beberapa tempat wisata yang berada di Pulau Dewata ini akan dikenai biaya tiket untuk masuknya. Air Terjun Munduk ialah salah satu dari tempat wisata yang dikenai biaya tiket masuk. Untuk biaya tiket masuknya memiliki dua kategori yaitu untuk anak dan orang dewasa.

Untuk anak-anak dikenakan harga berkisar 5 ribu rupiah dan untuk orang dewasa 10 ribu rupiah per orangnya. Tidak hanya dikenakan biaya tiket masuk saja, tetapi juga terdapat biaya parkir untuk mobil. Biaya tiket parkir untuk mobil dikenakan sebesar 5 ribu rupiah per mobilnya. Harga tiket yang cukup terjangkau tentunya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Munduk

Kegiatan di Air Terjun Munduk
Image Credit: Google Maps (Alessio Romano)

Ada begitu banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke lokasi wisata alam yang menakjubkan ini. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan disini? Berikut ini 6 rekomendasi kegiatan menarik yang dapat dilakukan di wisata Air terjun yang menakjubkan ini.

1. Bermain Air

Pertama, kegiatan menarik yang tak pernah dilupakan ialah bermain air saat mengunjungi wisata air terjun. Bermain air ini dapat dilakukan dengan berenang, berendam, mandi dan banyak kegiatan lainnya. Air yang mengalir di air terjun ini memiliki kandungan belerang didalamnya yang bagus untuk penyakit kulit.

Jadi banyak sekali para wisatawan yang datang untuk berendam merasakan khasiat dari Air Terjun Munduk ini. Saat berenang, Anda akan dipuaskan oleh airnya yang bersih dan jernih. Dengan air yang bersih dan jernih akan membuat tubuh merasakan sensasi kesegaran yang berasal dari sumber alami pegunungan.

Untuk melakukan kegiatan air ini sangat aman dilakukan karena aliran air dari air terjun ini tidak terlalu deras yang membahayakan para wisatawan. Sehingga sangat aman melakukan kegiatan berenang, berendam, dan mandi di bawah guyuran air terjun yang meluncur deras.

2. Bersantai

Berada diantara dua perkebunan yang sangat luas membuat udara di sekitar Air Terjun menjadi lebih sejuk. Kesejukan udara yang dimilikinya membuat siapapun berkunjung ke Air Terjun Munduk dapat melakukan kegiatan rileksasi dan bersantai secara maksimal. Hal lain yang mendukung kegiatan bersantai menjadi maksimal ialah suasananya nyaman dan tenang.

Sembari melakukan kegiatan rileksasi dan bersantai dapat pula menikmati pemandangan indah dari air terjun dan dua perkebunan yang menghimpitnya. Jadi apabila datang membawa beban pikiran, jenuh dan penat, niscaya akan hilang sirna saat berlibur ke air terjun eksotis ini.

3. Trekking

Saat berkunjung ke lokasi wisata ini, jangan lupa menggunakan sepatu olahraga atau sandal treeking, karena akan menemui banyaknya tangga untuk menuju lokasinya. Untuk para wisatawan yang menyukai olahraga trekking akan sangat terpuaskan saat berkunjung kesini. Hal ini karena tersedianya area yang luas untuk dijelajahi di kawasan wisata ini.

Sangat disarankan apabila melakukan trekking dilakukan bersama orang lain agar mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Kejadian tidak diinginkan dapat berupa tersesat, mengalami cidera atau yang lainnya dan jangan lupa untuk membawa bekal, obat pribadi dan P3K. Dengan bersama orang lain maka akan lebih mempermudah perjalanan trekking dan mengantisipasi bahaya.

4. Fotografi

Terakhir, kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Air Terjun Munduk ialah Fotografi. Tentu saja sangat disayangkan sekali untuk melewatkan keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini dalam jepretan kamera. Perlu diingat saat membawa kamera atau memakai handphone untuk berfoto di beberapa spot harus berhati-hati.

Terutama jika membidik beberapa objek yang berada di sekitar lokasi wisata ini, karena genangan air atau pun cipratan air jika tidak berhati-hati akan mengakibatkan kerusakan pada barang elektronik. Barang elektronik berupa kamera, handphone dan yang lainnya. Tentu akan sangat sayang sekali jika kecerobohan membuang momen yang indah di tempat wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Munduk

Image Credit: Google Maps (Christian Svejstrup)

Wisata alam ini masih tergolong tempat wisata yang baru dibuka untuk umum. Oleh sebab itu, fasilitasnya pun belum banyak yang tersedia dan masih dalam proses pembangunan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena pembangunan fasilitas di area wisata ini terbilang memiliki progres yang bagus. Sehingga beberapa tahun ke depan fasilitas di wisata Air Terjun Munduk ini akan lengkap.

Untuk saat ini fasilitas yang tersedia yaitu terdapat sebuah restoran yang bernama Restoran Golden Valley. Saat menyantap makanan di resto ini akan dapat menikmati pemandangan langsung ke arah air terjun. Suasana makan pun akan terasa nikmat sembari mendengarkan kicauan burung di sekitar air terjun dan gemericik air.

Untuk menu kuliner yang ditawarkan resto ini bervariasi mulai dari hidangan asli masyarakat Bali, nusantara dan tidak lupa juga terdapat makanan ala western. Bagaimana dengan harganya? Tenang, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau bahkan lebih murah dari kuliner di tempat wisata lainnya. Selain fasilitas restoran terdapat juga fasilitas area parkir di wisata ini.

Itulah ulasan mengenai segala hal yang berkaitan dengan wisata Air Terjun Munduk. Dimulai dari daya tarik yang dimiliki, alamat dan rute menuju lokasi wisata, harga tiket masuk, kegiatan menarik yang dapat dilakukan, dan yang terakhir fasilitas yang dimiliki. Jangan lupa saat berlibur ke wisata ini untuk membawa persiapan yang cukup dan stamina yang prima.