Inilah Rekomendasi Air Terjun Favorit di Pulau Lombok dengan Pemandangan yang Memukau. Objek Wisata Alam Terindah, Populer, Eksotis dan Paling Hits yang Menarik Dijelajahi Saat Liburan.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Lombok? Pasti semuanya sudah mengetahui bagaimana keindahan pulau ini yang cukup memukau banyak wisatawan lokal dan juga mancanegara. Wisata alam yang dimiliki pulau ini memang tidak ada tandingan. Tidak heran jika Lombok menjadi salah satu wilayah eksotis dengan berbagai wisata alam dimulai dari pegunungan, pantai dan air terjun tersembunyi yang mampu memikat hati para wisatawan.

Sebetulnya di Lombok sendiri memang sangat banyak wisata air terjun dan tersebar di beberapa kawasan seperti Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah. Apabila Anda pecinta wisata air terjun, berikut beberapa air terjun terindah yang ada di Lombok dan wajib untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Batu Apeq

Air Terjun Batu Apeq
Image Credit: Komunitassantonglombokutara.blogspot.com

Destinasi wisata yang pertama ini merupakan air terjun yang berada di daerah Lombok Utara, dan lokasinya hanya sekitar 75 km dari kota Mataram. Wisata ini menjadi salah satu air terjun yang di klaim paling tertinggi nomor 2 di Pulau Nusa tenggara Barat.

Memang betul juga air terjun ini bersumber dari Danau Segara Anak ya sudah terkenal bagaimana kondisi airnya sangat jernih. Kegiatan bermain air dan juga berenang bisa dilakukan di air terjun ini, bentuk akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan bersama keluarga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

2. Air Terjun Dua Tingkat Sendang Gile

Air Terjun Dua Tingkat Sendang Gile
Image Credit: Facebook.com @winghing.ng

Nah, untuk yang kedua ini merupakan destinasi wisata Air Terjun Sendang Gile. Untuk bisa datang ke lokasi ini maka Anda harus berjalan dengan menyusuri hutan dan juga sungai. Tapi Anda tidak perlu cemas, sebab perjalanan pun akan sangat seru dan menyenangkan dikarenakan kondisi dari alam yang sangat sejuk. Sehingga tidak akan capek ketika berjalan.

Air terjun ini memang memiliki dua tingkat aliran air, yang bisa melihat dengan jelas meskipun dari kejauhan. Destinasi wisata ini tepatnya berada di sebuah tebing berundak, di bagian atasnya memiliki air terjun yang cukup pendek karena hanya sekitar 5 meter, sedangkan untuk air terjun yang ada di bawah cukup tinggi yaitu sekitar 20 meter.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

3. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Image Credit: Instagram.com @ayiep_darbozt

Air terjun ini memang menawarkan kemegahannya dan menjadi air terjun paling terkenal, sebab bisa dengan mudah Anda temukan di media sosial ataupun internet. Tiu Kelep adalah amfiteater alam yang sangat megah, di mana air terjun ini memiliki 2 tingkat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lombok Tengah Terbaru & Terhits Buat Liburan

Ketika datang ke wisata ini maka Anda akan disajikan latar belakang foto yang sangat cantik. Pemandangan hijau sekitar air terjun akan membuat Anda merasa sejuk dan segar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga
Image Credit: Instagram.com @ratihsukmaresi

Untuk air terjun yang satu ini berada di daerah Lombok Utara, dan untuk lokasinya memang sangat dekat dari Kota Mataram jam karena jaraknya hanya sekitar 42 km. Untuk bisa datang ke wisata ini maka Anda harus menempuh kurang lebih selama satu setengah jam dari Kota Mataram.

Air terjun Kerta Gangga memang menampilkan keindahan dengan adanya air terjun yang bertingkat, untuk secara keseluruhan terdapat tiga air terjun yang memiliki dua tingkat berbeda. Untuk tinggi dari masing-masing air terjun tersebut sekitar 35 meter sampai 40 meter. Dijamin Anda akan merasakan kenyamanan dan kesegaran ketika datang ke wisata ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kertaraharja, Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

5. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja
Image Credit: Instagram.com @motret.bareng

Bisa dikatakan jika Tiu Teja merupakan salah satu destinasi air terjun yang paling indah, karena air terjun dari tebing batu tersebut akan diselimuti oleh tumbuhan beserta lumut yang tingginya mencapai 40 meter. Ketika Anda datang ke Air Terjun Tiu Teja ini pada saat cuaca cerah maka akan terdapat pelangi yang muncul di sekitaran air terjun.

Tentunya ketika berlibur ke air terjun ini, Anda juga bisa menemukan banyak sekali tempat makan yang akan membuat perut kenyang. Namun tidak ada salahnya jika Anda membawa makanan sendiri, keluarga ataupun teman di sekitar air terjun.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

6. Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupas
Image Credit: Instagram.com @ainun_naiimm

Destinasi air terjun ini berlokasi di Dusun Kerukak. Ketinggian Tiu Pupus kurang lebih sekitar 50 meter dan di bawahnya jika terdapat kolam dengan kedalaman 4 m. berenang di bawah air terjun memang menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan, apalagi kolam ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi.

Bisa dikatakan jika lokasi wisata ini masih tergolong sepi. Sebab, belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi dari air terjun ini. Jadi, air terjun Tiu Pupas masih sangat sepi dan cocok bagi Anda yang ingin berwisata yang jauh dari keramaian.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

7. Air Terjun Batara Lejang

Air Terjun Batara Lejang
Image Credit: Facebook.com @dindemangkung.mangkung

Untuk destinasi ini memang sangat berbeda dengan destinasi lainnya, sebab Air Terjun Batara Lejang masih sangat alami. Bahkan belum banyak para wisatawan yang bisa menyempatkan untuk datang ke tempat ini, karena memang medannya yang cukup susah untuk dilewati.

Bukan berarti jika wisata dari air terjun ini tidak menarik. Namun, air terjun Betara Lejang sangat cocok jika digunakan menjadi tempat untuk relaksasi, dan biasanya air terjun ini digunakan menjadi jalur pendakian Gunung Rinjani.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Paling Terkenal
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

8. Air Terjun Batu Butir

Air Terjun Batu Butir
Image Credit: Facebook.com @arifwayan.arifwayaan

Batu Butir merupakan salah satu air terjun yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Lombok. Destinasi wisata ini berada di Lombok Barat. Menariknya, jika Anda datang ke wisata ini, maka Anda akan mendapatkan 5 air terjun sekaligus.

Dimana terdapat salah satu air terjun yang terpisah dan berada di bagian kiri aliran sungai. Sedangkan untuk keempat air terjun lainnya berada di arah yang berlawanan. Untuk bisa menuju ke air terjun ini, Anda harus memakai peralatan rock climbing karena memang medannya yang cukup sulit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Butir, Desa Medas, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

9. Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis
Image Credit: Instagram.com @erfan_agusfiandi

Nah, untuk air terjun yang satu ini berada di kaki Gunung Rinjani dan bertempatkan di sisi timur lereng gunung. Selain itu, air terjun ini sendiri juga masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Rinjani.

Konon katanya, air terjun ini pertama kali ditemukan oleh masyarakat pada saat masa pertengahan dekade 80-an. Serta masyarakat juga mempercayai jika air terjun tersebut memiliki khasiat tertentu, contohnya saja seperti menyuburkan rambut. Untuk bisa datang ke tempat, para wisatawan juga sangat dimudahkan sebab medan yang sudah dibangun serta terdapat beberapa tempat parkir kendaraan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kembang Kuning, Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

10. Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel
Image Credit: Instagram.com @ichramillang

Air Terjun bernama Benang Sekotel memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter. Selain itu, air terjun ini juga mempunyai kolam kecil yang bisa digunakan untuk mandi dan juga berenang para wisatawan. Konon, alasan diberi nama benang setokel karena air terjunnya mirip segala kenangan.

Hampir sama dengan air terjun lainnya, wisata ini juga memiliki mitos tertentu yang memang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Para masyarakat mempercayai jika air terjun tersebut adalah tempat Dewi Anjani membersihkan diri, yang mana Dewi Anjani tersebut merupakan makhluk gaib yang merupakan penunggu dari Gunung Rinjani.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aik Berik, Setiling, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

11. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Instagram.com @ajiabiyoga

Untuk air terjun yang satu ini bertempatkan di bawah kaki Gunung Rinjani, artinya ini bertempatkan di tengah-tengah Pulau Lombok. Jika dari kota Mataram maka jarak yang ditempuh hanya km saja.

Untuk ketinggian yang dimiliki oleh air terjun ini berkisar 40 m. Disarankan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini untuk menyiapkan fisik dengan baik. Karena untuk bisa menuju ke wisata ini akan melewati medan yang cukup curam, dan hampir sama dengan hiking pada umumnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat:Desa Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

12. Air Terjun Geripak

Air Terjun Geripak
Image Credit: Google Maps (MAHIDI IDRIS)

Berikutnya merupakan air terjun Geripak yang bertempatkan di Desa Guntur Macan. Memiliki lokasi yang sangat asri, sehingga air terjun ini memang tidak akan kalah dengan air terjun lainnya yang ada di Lombok.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lombok Barat Terbaru & Terhits Buat Liburan

Bahkan lokasi dari air terjun ini seringkali digunakan rekreasi untuk anak sekolah. Dan tempatnya juga sangat nyaman untuk digunakan berkemah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guntur Macan, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

13. Air Terjun Kebon Baro

Air Terjun Kebon Baro
Image Credit: Instagram.com @the_queen_of_rose2001

Jika Anda masih penasaran dengan air terjun yang ada di Lombok Barat, maka Tidak ada salahnya jika Anda datang ke Air Terjun Kebon Baro. Di mana air terjun ini juga tidak kalah cantik dan indah, yang air terjun memiliki ketinggian sekitar 10 m dan juga 30 m. Karena memang ini memiliki 2 tingkatan.

Perjalanan yang ditempuh juga tidak jauh karena hanya membutuhkan waktu 30 menit perjalanan dari Kota Mataram. Nah, untuk bisa mencapai air terjun yang ada harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 40 menit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langko, Kec. Lingsar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

14. Wisata Air Terjun Timponan

Wisata Air Terjun Timponan
Image Credit: Facebook.com (Keindahan lombok)

Jarak Air Terjun Timponan dari Kota Mataram yaitu hanya sekitar 35 KM saja. Air terjun ini berada di kawasan Hutan Wisata Sesaot, dan posisinya juga berada di kedalaman peserta mempunyai ketinggian air terjun sekitar 35 meter. Wisatawan juga bisa berenang di kolam yang tepat berada di bawah air terjun tersebut.

Agar bisa menuju ke lokasi tersebut, para wisatawan diharuskan untuk lebih hati-hati sebab jalur yang digunakan memiliki kontur yang sangat licin. apalagi cara yang ditempuh juga sangat jauh karena harus berjalan kaki. Namun, jalur ini adalah jalan yang akan selalu digunakan oleh warga yang akan ke kebunnya. Sebetulnya terdapat jalur lain yakni melewati Argopuro namun harus melewati semak.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Batu Mekar, Kec. Lingsar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

15. Wisata Air Terjun Semporonan

Wisata Air Terjun Semporonan
Image Credit: Facebook.com @zoul.larva

Untuk yang terakhir ini merupakan Air Terjun Semporonan yang berada di Kabupaten Lombok timur. Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 30 meter, apalagi kondisi dari akar pepohonan yang merambat ke tebing hingga ke kolam air terjun bukit yang ada di bawahnya. Para wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan indah beserta menghirup udara yang sejuk dan segar.

Selain itu, para wisatawan juga akan disuguhi oleh hamparan padi yang hijau yang pastinya akan membuat para wisatawan yang datang ke air terjun tersebut merasa kagum. Berkunjung ke destinasi wisata ini akan menjadi momen yang paling indah dan tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Timbanuh, Pringgasela, Kec. Pengadangan, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Itulah daftar air terjun yang indah di pulau Lombok. Pastikan jika beberapa wisata air terjun di atas masuk ke dalam list itinerary Anda ketika datang ke pulau yang kaya akan pesona wisata alamnya ini.