Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Kanto Lampo Gianyar memiliki pesona alami yang menarik dikunjungi saar berlibur di Bali. Objek wisata yang menampilkan keindahan bebatuan yang tersusun acak.

Lokasi: Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Bali memang cocok dinobatkan sebagai gudangnya destinasi wisata. Bali menawarkan beraneka ragam jenis wisata mulai dari pantai, pegunungan, budaya, kuliner hingga tempat-tempat hiburan yang dapat melepaskan penat.

Letaknya yang strategis berada di tengah pulau-pulau indah Indonesia serta memiliki bandara bertaraf internasional tak ayal membuat Bali tak pernah sepi akan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ada banyak panorama menarik yang patut Anda sambangi saat berlibur ke Bali, salah satunya yaitu Air Terjun Kanto Lampo.

Pesona Air Terjun nan indah ini akan membuat Anda betah berlama-lama dan memberikan ketenangan saat mengunjunginya. Jika Anda tidak percaya, simak ulasan menarik mengenai Air Terjun Kanto Lampo berikut ini.

Intip Uniknya Air Terjun Kanto Lampo di Gianyar

Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Traveltriangle.com

Bali menyajikan berbagai jenis objek memukau untuk menarik para wisatawan. Berpelesir ke pantai ketika liburan di Bali pasti sudah menjadi hal yang lazim. Namun, bagi Anda yang ingin merasakan suasana berbeda ketika berkunjung ke Bali, Air Terjun Kanto Lampo cocok jadi tujuan wisata Anda.

Mendengar nama Curug Kanto Lampo mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, siapa sangka wisata indah ini justru populer bagi kalangan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali. Wisata Air Terjun cantik ini dapat dijadikan referensi bagi Anda yang mendambakan ketenangan untuk mengilangkan penat dari kesibukan.

Nama unik Air Terjun Kanto Lampo bukan tanpa alasan. Konon nama tersebut berasal dari nama pohon Kanto Lampo yang banyak tumbuh di sekitar lokasi air terjun. Maka tidak heran, air terjun ini mempunyai suasana alam yang asri.

Daya tarik utama objek wisata ini yaitu airnya yang tidak langsung jatuh ke sungai. Air dari atas akan menghantam bebatuan yang tersusun tak beraturan dan berbentuk tebing indah sehingga menghasilkan cipratan air yang menyebar ke segala sisi. Panorama elok tersebut akan sangat memanjakan mata dan enggan untuk dilewatkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gianyar Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan
Intip Uniknya Air Terjun Kanto Lampo di Gianyar
Image Credit: Airpaz.com

Hal menarik dari Air Terjun Kanto Lampo lainnya adalah sumber airnya. Jika kebanyakan air terjun bersumber dari mata air pegunungan, maka hal tersebut berbeda dengan air terjun ini. Derasnya air yang mengalir tersebut berasal dari limpahan air irigasi subak setempat.

Air Terjun di Gianyar ini terbentuk secara alami yang mana airnya berasal dari air irigasi subak yang tersumbat sehingga aliran airnya yang melimpah meluap dan mengalir. Aliran indah air terjun yang tingginya sekitar 16 meter ini akan membuat Anda betah berlama-lama berkunjung di tempat ini.

Air terjun umumnya berada di pegunungan atau di perbukitan. Namun, hal tersebut tidak terjadi di Air Terjun Kanto Lampo. Air terjun eksotis ini berada di dataran rendah, sehingga selain mendapatkan akses yang mudah Anda juga bisa menikmati hawa yang cukup hangat tak seperti hawa di air terjun kebanyakan.

Selain pemandangan indah air terjun yang menyejukkan mata, Anda juga akan disuguhkan keindahan sungai di sekitar air terjun yang terdapat sungai diapit oleh tebing-tebing berselimutkan oleh lumut yang nampak alami dan mempesona. Pepohonan hijau dan rindang di sekeliling akan menambah kesan segar dan sejuk.

Alamat & Rute Menuju Air Terjun Kanto Lampo

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Befreetour.com

Air Terjun Kanto Lampo ini terletak di Banjar Kelod Kangin, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Bali. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi ini dapat menempuh perjalanan sekitar 58 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat dari kota Denpasar.

Apabila Anda berada di kota Gianyar, maka Anda hanya perlu menuju ke arah utara dan waktu perjalanan yang dihabiskan sekitar 7 menit saja. Sangat singkat dan menghemat waktu, tetapi Anda harus tetap berhati-hati ketika melintasi jalan Selukat, karena badan jalan yang tidak terlalu lebar

Ketika sampai di lokasi, Anda dapat memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang jaraknya cukup lumayan. Perjalanan menurun menuju Air Terjun Kanto Lampo akan menyambut Anda, meskipun begitu tak perlu khawatir karena medan jalan sudah berupa anak tangga sehingga akan mempermudah Anda.

Selama perjalanan keindahan alam di sekitar area air terjun akan menghipnotis Anda. Letaknya yang berada di dekat permukiman warga juga akan memberikan pemandangan unik berupa hamparan perkebunan warga yang elok nan hijau.

BACA JUGA:  Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Lokasi Air Terjun yang Terjangkau

Harga Tiket Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Balicitizen.com

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kanto Lampo tidak perlu takut dengan harga tiket masuk yang mahal, Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja Anda sudah bisa menikmati memukaunya air terjun tersebut. Dengan harga masuk yang ditawarkan, tak heran tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan.

Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Jadi jika Anda tertarik menikmati keindahan alam di sekitar Air Terjun Kanto Lampo ini lebih lama. Anda bisa datang lebih awal agar lebih puas menikmatinya.

Fasilitas yang Tersedia di Area Air Terjun Kanto Lampo

Fasilitas di Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Getlost.id

Sebagai salah satu tempat wisata populer akan uniknya alam yang dimiliki, tempat ini juga tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai. Pengelola berusaha sedemikian rupa menyediakan fasilitas memadai agar pengunjung tetap nyaman.

Salah satu fasilitasnya yaitu berupa tempat parkir kendaraan yang memadai. Anda tak perlu khawatir tak kebagian tempat, karena di kawasan ini tersedia lahan parkir yang luas bahkan dibagi menjadi dua bagian.

Bila Anda membawa banyak barang tapi bingung karena tak menemukan tempat penyimpanan. Anda bisa menyimpannya di loker-loker yang disediakan di tempat ini. Anda bisa menggunakan loker tersebut secara gratis. Loker tersebut ditempatkan di dua titik, titik pertama terdapat di dekat area parkir dan yang kedua terdapat di dekat area Air Terjun Kanto Lampo.

Selain loker gratis, di tempat ini juga sudah tersedia kamar ganti dan toilet. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan kesegaran Air Terjun Kanto Lampo, tak perlu susah mencari tempat untuk sekedar berganti pakaian. Tak hanya menawarkan loker secara cuma-cuma, Anda cukup memberikan donasi semampu atau seikhlasnya usai menggunakan toilet atau kamar ganti tersebut.

Bermain air lalu lupa tidak membawa handuk? Anda bisa membelinya di sana. Di loker yang berada di bawah atau yang tepatnya di dekat air terjun terdapat banyak handuk yang disewakan bahkan dijual dengan harga bervariasi antara Rp 20.000 sampai Rp 40.000. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Setelah bermain air Anda bisa mengisi perut dengan mampir di warung-warung dan restoran kecil yang berjejeran di sekitar area air terjun. Anda bisa menikmati kudapan dengan view alam akan membuat hidangan yang disantap berlipat-lipat nikmatnya.

BACA JUGA:  Bali Bird Park, Wisata Edukatif Favorit Keluarga

Kegiatan Menarik Saat Berada di Air Terjun Kanto Lampo

Kegiatan Menarik di Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Instagram.com @airyindonesia

Berkunjung ke Air Terjun Kanto lampo maka kegiatan wajib ketika berada di sana yakni mandi atau bermain air di tempat. Segarnya air yang mengalir akan menghilangkan rasa penat Anda ketika menuruni tangga menuju ke tempat ini. Menikmati segarnya air dan indahnya panorama alam di sekitar air terjun seakan menjadi perpaduan pas nan sempurna.

Tujuan berlibur selain ingin menyegarkan pikiran dan bersenang senang yaitu menambah koleksi foto. Pemandangan alam yang memukau dan artistik di Air Terjun Kanto Lampo ini dijamin akan membuat memori Anda penuh. Pesona indah yang ditawarkan membuat Anda tidak akan puas hanya mengambil beberapa foto saja.

Jika ingin sensasi berbeda menikmati pesona air terjun ini, Anda dapat duduk di tengah atau di bagian bawah air yang mengalir. Karena permukaan dindingnya yang terdiri dari susunan bebatuan acak, maka memungkinkan Anda untuk memanjat ke atas. Setelah berada di atas maka tak afdol jika tidak berfoto dan jangan lupa untuk berpose unik juga. Namun tetap harus hati-hati dan perhatikan langkah Anda.

Bagi yang gemar memancing, Anda bisa mencobanya disini. Anda dapat memancing ikan di sungai area air terjun seperti yang biasanya dilakukan oleh penduduk sekitar. Mancing beramai-ramai tentunya akan semakin seru.

Memiliki suasana yang tenang cocok Anda jadikan tempat relaksasi. Gemericik air, hawa yang sejuk serta nuansa yang tenang dapat kembali menjernihkan pikiran dan membuat jiwa Anda kembali tenang nan santai.

Dengan segala keelokan serta keindahan panorama alam yang ditawarkan, Air Terjun Kanto Lampo sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari kenyamanan dan ketenangan dari penatnya kesibukan seharian beraktivitas. Akan lebih seru pula jika Anda berkunjung beramai-ramai baik Bersama keluarga, teman atau rekan.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai kawasan wisata Air Terjun Kanto Lampo. Bagi Anda yang berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya mengunjungi air terjun unik nan mempesona ini. Anda dapat mengunjunginya di saat berlibur atau jika mempunyai waktu luang. Tempat ini sangat cocok jika Anda ingin menghabiskan waktu untuk menenangkan pikiran.