Air Terjun Goa Rang Reng salah satu wisata alam favorit di Gianyar, Bali yang menarik untuk dieksplor. Air terjun mini yang menyuguhkan pemandangan yang memesona dan daerah sekitar yang masih alami.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Goa Rang Reng, Kec. Babakan, Kab. Gianyar, Bali.

Terdapat salah satu destinasi wisata alam baru yang mampu menarik perhatian dari banyak wisatawan, destinasi tersebut memiliki nama Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar. Lokasi ini memang sangat terkenal menjadi daerah dataran tinggi yang memiliki suasana sejuk dan juga dingin. Dapat dikatakan jika keberadaan dari wisata ini masih tergolong baru, sehingga sangat cocok untuk dieksplor.

Meskipun air terjun ini tidak seterkenal wisata lainnya, akan tetapi keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini sangat memukau. Aliran air pada wisata yang satu ini akan menyebar melalui bebatuan. Bukan hanya itu saja, air terjun ini juga menjadi sumber dari pegunungan yang menjadi kebutuhan air di masyarakat sekitarnya.

Karena air ini sangat bersih tak heran jika bisa diminum ataupun dibuat sebagai tempat mandi. Dinamakan goa, karena memang air terjun ini adalah hulu sungai yang bertempatkan di sebuah goa, sehingga para pengunjung akan merasakan sensasi yang menyenangkan ketika datang ke tempat ini. Dengan keunikannya inilah banyak yang tertarik dengan wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Goa Rang Reng

Daya Tarik Air Terjun Goa Rang Reng
Image Credit: Instagram.com @scottman895

Wisata alam yang ada di Bali ini memang menjadi destinasi wisatawan yang selalu dikunjungi oleh para turis asing. Mengapa demikian? Sebab lokasi dari air terjun ini yang menampilkan pesona alam indah dan juga asri. Selain itu, para turis memang sangat menyukai wisata alam seperti ini. Nah, di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai daya tarik yang dimilikinya:

1. Wisata Air Terjun Favorit di Bali

Untuk para wisatawan memang di Bali banyak sekali wisata air, namun siapa yang menyangka jika destinasi wisata yang satu ini sangat populer di kalangan para turis asing. Air terjun Goa Rang Reng Gianyar adalah salah satu dari sekian banyak wisata Air Terjun yang dimiliki oleh Pulau Dewata Bali. Air terjun yang dimiliki memang mengalir dengan deras namun tidak turun secara curam.

BACA JUGA:  Museum Seni Agung Rai (ARMA), Museum Seni Rupa Dengan Koleksi Lukisan Terbaik

Artinya, para pengunjung bisa dengan aman dan nyaman ketika bermain air terjun di wisata ini. Air yang mengalir dari atas akan melewati undakan bebatuan yang sangat banyak. Maka dari itu, tempat ini bisa digunakan sebagai destinasi wisata keluarga.

2. Keindahan Alam yang Eksotis

Gianyar adalah salah satu daerah yang masih sangat alami dengan udaranya yang sangat sejuk. Meskipun air terjun ini masih tergolong baru namun sudah banyak para wisatawan asing yang datang ke tempat ini. Dengan keindahan alamnya, tentu akan membuat siapa saja betah berlama-lama di dataran tinggi Bali ini.

Goa Rang Reng dikelilingi oleh vegetasi tumbuhan hutan tropis. Sehingga menjadikan pemandangan alamnya sangat eksotis dan pemandangan ini tidak akan bisa didapatkan ketika datang ke air terjun lainnya.

3. Tempat yang Disakralkan

Perlu Anda ketahui, apabila Goa Rang Reng yang ada di Gianyar adalah lokasi yang disakralkan. Ketika Anda ingin datang ke air terjunnya, pasti akan melewati gua dan bisa melihat jika goa ini adalah lokasi masyarakat untuk melakukan melukat. Melukat adalah salah satu ritual dari persembahyangan agar bisa membersihkan diri dari hal-hal negatif.

Karena tempat ini sangat sakral oleh umat Hindu, jadi para wisatawan yang datang juga harus mentaati peraturan dan tertib. Para wisatawan diharuskan untuk menjaga tata krama serta berbusana dengan sopan, bahkan tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor saat berada di lokasi tersebut.

Sedangkan, untuk para wisatawan perempuan yang sedang menstruasi disarankan untuk tidak datang ke destinasi wisata ini. Tentu para pengelola memiliki alasan untuk bisa menjaga kesucian dari lokasi tersebut.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng
Image Credit: M-kuta.com

Untuk wisatawan yang ingin berwisata ke air terjun Goa Rang Reng ini, maka Anda bisa datang ke kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar, Pulau Bali. Lokasi dari air terjun ini memang memiliki jarak yang cukup jauh dari kota Denpasar yaitu sekitar 31 km. Akan tetapi, dari kota Gianyar menuju ke air terjun ini hanya memiliki jarak sekitar 3 km saja.

BACA JUGA:  Mandala Wisata Wenara Wana, Pesona Cagar Alam & Kompleks Candi di Ubud

Anda pun tidak perlu cemas sebab rute perjalanan menuju air terjun ini bisa memakai kendaraan roda empat ataupun roda dua. Selain itu, lokasi ini juga terdapat tempat parkir aman untuk kendaraan Anda.

Seperti destinasi wisata lainnya, para pengunjung nantinya harus dikenakan biaya masuk yang jumlahnya tidak banyak. Setiap orang hanya perlu mengeluarkan Rp 15.000 saja untuk bisa menikmati air terjun di Gianyar ini.

Selain itu, terdapat biaya tambahan lain bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Sebab para pengunjung nantinya akan dikenakan biaya parkir.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Goa Rang Reng

Kegiatan di Air Terjun Goa Rang Reng
Image Credit: Instagram.com @spaatmaya

1. Bermain Air

Pastinya para wisatawan yang datang ke air terjun ini akan bermain di sekitar air terjun tersebut. Apalagi dengan kondisi warna air yang sangat jernih akan membuat siapa saja ingin bermain air. Bahkan, dilihat dari kejauhan saja tampak sekali jika air terjun tersebut tidak keruh sama sekali.

Untuk Anda yang membawa anak-anak ataupun keluarga ke tempat ini, tentu tidak perlu cemas karena memang airnya yang cukup dangkal. Sehingga anak bisa dengan mudah menjangkau air dan bermain bersama.

Pastinya kegiatan ini akan membuat siapapun menjadi lega dan sekaligus merefresh pikiran. Apalagi untuk Anda yang memiliki segudang kesibukan di kantor ataupun kesibukan lain yang menguras tenaga dan juga pikiran.

2. Melakukan Foto yang Instagramable

Akan kurang lengkap rasanya ketika datang ke destinasi wisata namun tidak mengabadikan momen dengan berfoto. Nah, hal ini juga bisa anda lakukan ketika datang ke Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar. Apalagi dengan tempatnya yang sangat cantik menjadikan foto Anda tampak instagramable.

Dengan latar belakang air terjun yang indah tentu bisa menjadi bahan untuk menghiasi media sosial yang Anda miliki. Anda pun bisa dengan mudah mencari spot cantik di wisata ini.

3. Jalan-Jalan Santai

Untuk penampakan Jalan setapak yang menuju air terjun ini cukup sepi dan sudah sangat nyaman digunakan. Anda bisa jalan-jalan santai ketika menuju air terjun sembari menikmati pemandangan indah yang ada di sana.

Tak sedikit wisatawan yang berjalan menuju air terjun sambil mengabadikan momen pemandangan. Yang tentunya tidak akan Anda jumpai ketika sudah di perkotaan.

4. Aktivitas Camping

Meskipun jalan menuju air terjun ini cukup panjang, namun terdapat beberapa tempat yang bisa digunakan untuk berkemah. Ini bisa menjadi kegiatan yang cukup menarik bagi Anda bersama dengan sahabat yang tidak akan terlupakan.

BACA JUGA:  Museum Blanco Ubud, Wisata Seni & Budaya Populer di Pulau Bali

Pastikan untuk selalu membawa P3K serta perlengkapan berkemah untuk menunjang kegiatan Anda saat berada di Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar.

Dengan suasana yang sangat sejuk, tentu tempat ini bisa jadi lokasi yang nyaman untuk berkemah. Apalagi ketika bangun di pagi hari, Anda bisa melihat pemandangan hijau secara langsung saat membuka tenda.

5. Hiking Menuju Air Terjun

Seperti yang telah diketahui jika Gianyar memang berada di daratan tinggi, sehingga ketika ingin menuju ke air terjun tersebut harus berjalan kaki melewati lembah dan juga turunan yang cukup curam. Para wisatawan bisa menikmati sensasi hiking yang tentunya akan membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Perjalanan nantinya akan dimulai dari tempat parkir kendaraan. Yang selanjutnya menyusuri anak tangga untuk bisa turun ke lembah. Disarankan untuk selalu berhati-hati ketika menyusuri Jalan menurun, karena biasanya jika sehabis hujan kondisi jalan akan cukup licin.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Goa Rang Reng

Fasilitas di Air Terjun Goa Rang Reng
Image Credit: Instagram.com @marcoachtepedino

1. Tempat Makan

Fasilitas yang satu ini memang sangat dibutuhkan oleh para wisatawan ketika datang ke Goa Rang Reng Gianyar. Bagaimana tidak, sehabis menyusuri jalan setapak serta menuruni anak tangga yang cukup curam pasti membuat anda beserta dengan rombongan merasa kelelahan dan kehabisan tenaga. Maka dari itu, dengan adanya fasilitas tempat makan ini akan sangat membantu untuk mengisi tenaga.

Akan tetapi, tempat makan yang tersedia di air terjun ini tidak menyediakan makanan berat hanya beberapa mie instan dan jajanan ringan. Kemudian ada juga beberapa minuman lokal yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Walaupun makanan yang dijual bukan makanan berat, dengan adanya tempat makan ini sudah sangat membantu para wisatawan untuk mengisi perut. Apalagi sehabis melakukan aktivitas bermain air di air terjun tersebut.

2. Ruang Ganti

Wisata ini juga menyediakan tempat ganti pakaian bagi para wisatawan. Tentu saja hal ini sangat berguna apalagi ketika sehabis bermain air, untuk bisa menghilangkan kotoran dan berganti pakaian.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai daya tarik wisata Air Terjun Goa Rang Reng sampai apa fasilitas yang dimilikinya. Jika ingin berkunjung ke Pulau Dewata Bali, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke destinasi wisata ini.