Air Terjun Blangsinga merupakan salah satu wisata alam nan eksotis di Gianyar Bali. Air terjun yang menyuguhkan pemandangan yang asri dan sejuk mampu memanjakan mata pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Blangsinga, Saba, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Air Terjun Blangsinga menjadi pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Bali. Destinasi wisata satu ini tak kalah menariknya dengan wisata alam lainnya. Tiupan angin sepoi-sepoi dan suara gemericik air terjun setinggi kurang lebih 15 meter ini membuat pengunjung betah berlama-lama. Cekungan alami seperti kolam terbentuk di bawah air terjun dengan tebing bebatuan yang mengitari.

Hamparan hijau di tempat wisata ini membuat pesona alamnya terlihat asri dan terasa sangat sejuk. Pengunjung tak hanya dapat bermain di area kolam air terjun saja, namun pengunjung juga dapat mengabadikan momen istimewa dengan berfoto dari sisi atas lokasi wisata ini. Meskipun pemandangan dari atas air terjun sangat menakjubkan, namun tetap harus berhati-hati ketika berada di atas.

Pengunjung tidak perlu risau karena tempat wisata Air Terjun Blangsinga ini sudah dilengkapi dengan berbagai pelayanan dan fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, ruang ganti, tempat pemandian umum, life guard, tempat untuk bersantai, restoran, bahkan beberapa spot untuk pengunjung berswafoto.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Blangsinga

Daya Tarik Air Terjun Blangsinga
Image Credit: Google Maps (Paul Smith)

Air Terjun ini merupakan destinasi wisata di kawasan Bali Tengah yang sangat populer. Karena lokasinya yang tergolong strategis dan mudah diakses, tak mengherankan jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pulau Bali tak hanya terkenal dengan beragam pantainya yang menawan, Air Terjun Blangsinga ini pun termasuk wisata yang mengagumkan.

1. Suasana yang Sejuk dan Syahdu

Air Terjun ini tak hanya menarik dari sisi keindahan pemandangannya saja yang memukau, namun air terjun ini semakin menarik dengan suasananya yang sejuk dan syahdu. Jika berada dekat dengan air, maka pengunjung akan merasakan betapa segarnya cipratan air yang mengenai wajah. Air terjun ini sangat cocok dikunjungi untuk mengobati rindu akan suasana alam yang alami.

Saat musim kemarau, cekungan air yang berbentuk seperti kolam di bawah air terjun biasanya dimanfaatkan para pengunjung dan penduduk sekitar untuk berenang maupun mandi karena airnya jernih. Namun, saat musim hujan menjadi berbahaya karena aliran air sangat deras dan warna airnya berubah menjadi keruh.

2. Memiliki Keunikan Berupa Batu Bertingkat

Seni batu bertumpuk (balancing stone art) merupakan ciri khas Air Terjun Blangsinga. Keunikan ini juga yang menjadi sebuah ketertarikan tersendiri bagi para pengunjung. Batu bertumpuk ini dapat disaksikan oleh pengunjung dari atas sungai. Sungai yang dimaksud adalah sumber aliran dari air terjun itu sendiri.

Keunikan berupa batu bertingkat ini kerap dijadikan obyek foto oleh para pengunjung. Keberadaannya menambah pesona tempat wisata ini semakin artistik. Sehingga, tidak jarang tempat wisata ini dipilih oleh para pasangan yang melakukan sesi pemotretan foto prewedding dengan background batu bertumpuk dan air terjun di belakangnya.

Daya Tarik Air Terjun Blangsinga Bali
Image Credit: Instagram.com @fannylatte

3. Tempat Wisata Kuliner dan Belanja yang Menarik

Ada banyak warung makan dan restoran di area air terjun ini. Menariknya, lokasi warung makan dan restoran disini ada yang berhadapan langsung dengan pemandangan air terjun. Selain lokasinya yang menyejukkan mata, para pengunjung juga akan dimanjakan oleh santapan menu masakan khas Bali.

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat memesan makanan khas daerah Blangsinga. Setelah puas memanjakan lidah dengan variasi menu olahan khas Bali maupun Blangsinga, para pengunjung dapat lanjut berbelanja oleh-oleh yang dijual di deretan kios yang berjejer di area tempat wisata.

Oleh-oleh yang dijual biasanya kerajinan-kerajinan hasil karya penduduk setempat. Para pengunjung dapat mencoba untuk menawar harga saat membeli oleh-oleh supaya mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Blangsinga

Lokasi Air Terjun Blangsinga
Image Credit: Google Maps (Tautvydas Visuomene)

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di daerah Gianyar, Bali. Tempat wisata ini adalah satu-satunya tempat wisata air terjun yang letaknya strategis dan aksesnya mudah dijangkau karena paling dekat dengan pusat kota Denpasar, bandara Ngurah Rai, maupun pusat pariwisata yang terdapat di area Bali bagian selatan.

Untuk menuju lokasi wisata yang cantik ini, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Para pengunjung dapat menyewa skuter maupun menyewa mobil yang lengkap dengan sopirnya. Tentunya dengan menyesuaikan budget yang dimiliki serta mempertimbangkan kenyamanan selama perjalanan menuju ke lokasi.

Jika pengunjung memilih menyewa skuter, budget yang dibutuhkan sekitar Rp 50.000 per hari. Sementara budget yang dibutuhkan untuk menyewa mobil dan sopirnya adalah sekitar Rp 500.000 per hari. Waktu tempuh perjalanan dari pusat kota Denpasar menuju destinasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 60 menit.

Jarak yang ditempuh adalah sekitar 15 km dari pusat kota Denpasar. Lokasi Air Terjun Blangsinga ini sangat strategis. Maka, bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang memilih berkendara menuju ke lokasi dengan kendaraan roda dua dapat mengikuti arah yang ditunjukkan oleh google maps. Atau kalau kurang yakin dengan google maps, para wisatawan dapat bertanya arah menuju air terjun ini kepada para penduduk setempat.

Sebelum menuju ke Blangsinga, para pengunjung wajib memperhatikan jam operasional tempat wisata ini. Wisata air terjun ini dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.30 – 18.30 WITA. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah pagi dan sore hari.

Biaya parkir motor gratis, sedangkan parkir mobil dikenakan biaya Rp 5.000. Tiket masuk kawasan Air Terjun Blangsinga adalah Rp 15.000 per orang. Untuk turun ke area air terjun, para pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk lagi sebesar Rp 10.000 per orang. Kemudian, biaya untuk fasilitas toilet adalah Rp 3.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Blangsinga

Kegiatan di Air Terjun Blangsinga
Image Credit: Google Maps (Diana Putra devata)

1. Berjalan Kaki Menuju Air Terjun

Setelah sampai pada pelataran parkir lokasi wisata, para pengunjung diharuskan menuruni ratusan anak tangga untuk menuju air terjun. Orang tua atau lansia disarankan untuk tidak ikut berkunjung di tempat wisata ini karena harus menuruni ratusan anak tangga yang menguras tenaga.

2. Mengabadikan Momen Dengan Berfoto

Air Terjun Blangsinga memiliki banyak titik untuk diabadikan dengan bidikan kamera. Bahkan beberapa spot foto pun sudah disiapkan untuk para pengunjung yang ingin berswafoto. Dari mulai gazebo paling atas saja para pengunjung sudah bisa mendapatkan foto air terjun ini walaupun dari jarak jauh. Semakin dekat dengan air terjun, hasil foto akan lebih terlihat semakin mempesona.

3. Bermain Air di Bawah Air Terjun

Kegiatan paling menyenangkan terutama untuk anak-anak adalah bermain air di bawah air terjun. Di bawah air terjun tersebut terdapat cekungan berbentuk seperti kolam. Para pengunjung dapat bermain air sepuasnya disitu. Tidak hanya bermain air saja, namun para pengunjung juga dapat mandi jika airnya jernih.

4. Uji Nyali Dengan Wahana Bungee Jumping

Bungee Jumping adalah wahana melompat dengan pengamanan yang super ketat. Wahana ini sangat patut untuk dicoba bagi para pengunjung yang memiliki jiwa adrenalin yang tinggi. Pemandangan air terjun ini akan terpampang nyata di depan mata ketika mencoba wahana ini.

5. Uji Adrenalin Dengan Lompat Tebing

Yang tak kalah menegangkan adalah lompat tebing. Para pengunjung yang berani mencoba lompat tebing ini akan melompat dari atas tebing setinggi kurang lebih 16 meter kemudian menceburkan diri ke air di bawah tebing. Air di bawah tebing memiliki kedalaman kurang lebih 8 meter. Melompat dari tebing tersebut tergolong aman.

6. Bersantai di Gazebo yang Tersedia

Setelah lelah menuruni ratusan anak tangga dan bermain di area air terjun, para pengunjung dapat mengistirahatkan badan di gazebo yang tersedia di sekitar air terjun.

7. Hunting Kuliner Khas Blangsinga

Tidak perlu keluar dari kawasan air terjun ini jika ingin mencicipi masakan khas Blangsinga. Para pengunjung akan banyak bertemu warung dan restoran di area tempat wisata ini. Harga-harga makanan khas Blangsinga tentunya beraneka ragam sehingga para pengunjung perlu mempertimbangkan budget yang dibawa.

8. Membeli Oleh-Oleh Khas Blangsinga

Tidak lega rasanya jika tidak membawa oleh-oleh dari tempat wisata yang dikunjungi. Di area Air Terjun Blangsinga ini banyak sekali deretan kios-kios yang menjual dagangannya.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Blangsinga

Fasilitas di Air Terjun Blangsinga
Image Credit: Google Maps (mussa muzammel)

Fasilitas yang ada di lokasi air terjun ini tergolong sudah cukup lengkap. Fasilitas seperti restoran, warung makan, tempat parkir, gazebo, toilet, ruang ganti, kios oleh-oleh dan souvenir sudah tersedia di tempat wisata ini.

Fasilitas lain berupa beberapa penginapan juga terdapat di dekat kawasan wisata air terjun. Jadi saat berkunjung, Anda tidak perlu kesusahan untuk mencari tempat menginap yang nyaman sembari menikmati pesona alam di sekitar air terjun.

Demikian daya tarik, harga tiket masuk, biaya parkir, fasilitas yang tersedia, hingga alamat dan rute menuju ke Air Terjun Blangsinga. Pengelola wisata air terjun ini bekerja dengan sangat baik sehingga tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.