Air Terjun Benang Kelambu salah satu objek wisata alam yang menakjubkan di Lombok Tengah. Air terjun cantik di kaki Gunung Rinjani ini sangat unik, dimana air mengalir melalui semak tumbuhan yang merambat di atas tebing bukit dan memiliki cerita legenda yang perlu Anda ketahui.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat. Pulau tersebut menyuguhkan banyak sekali tempat wisata baik wisata berupa air terjun maupun pantai. Di kalangan para wisatawan lokal, pulau Lombok sangat terkenal dengan kultur budaya, pantai dan air terjun. Salah satu contohnya ialah air terjun Benang Kelambu.

Air terjun ini merupakan air terjun paling populer apabila Anda mengunjungi Pulau Lombok. Hal itu dikarenakan air terjun ini sangat indah dan memiliki akses yang mudah dijangkau oleh para wisatawan yang akan datang ke air terjun ini. Wisata air terjun ini berada tepat di kaki sebuah gunung bernama Gunung Agung, yang terletak persis di bagian tengah Pulau Lombok.

Menurut cerita warga setempat, konon sosok bernama Dewi Anjani yang sekaligus merupakan seorang ibu dari Hanoman seringkali mandi di Benang Kelambu tersebut. Konon katanya air terjun yang melalui celah batu yang membentuk sebanyak 4 tingkatan ini digunakan mandi oleh Dewi Anjani.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Benang Kelambu

Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Google Maps (Agung Sumar)

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan berbondong bondong ingin mengunjunginya. Selain hanya untuk menarik para wisatawan, daya tarik sebuah tempat wisata dapat mengundang keunikan yang pastinya tidak dimiliki tempat wisata lainnya. Berikut ini merupakan daya tarik yang dimiliki air terjun Benang Kelambu yang berada di Pulau Lombok.

1. Berdekatan Dengan Air Terjun Benang Stokel

Air terjun Benang Stokel ini dapat Anda jumpai terlebih dahulu ketika Anda menempuh perjalanan ke benang kelambu, kedua air terjun ini sama sama memiliki unsur nama benang. Warga sekitar air terjun tersebut memberi nama Benang Stokel berasal dari sebuah bahasa suku sasak yang memiliki arti segumpal benang.

Warga sekitar memberikan nama ini juga karena air terjun ini berbentuk seperti benang yang sedang diikat membentuk sebuah kesatuan. Air terjun ini mempunya 2 buah spot air terjun yang memiliki ketinggian kira kira sekitar 30 meter. Air terjun ini memiliki aliran debit lebih kecil di sebelah kanan dibandingkan debit air di sebelah kiri.

2. Air Terjun Tidak Memiliki Sungai

Yang menjadikan air terjun ini terlihat berbeda dan unik jika dibandingkan tempat air terjun lainnya adalah air terjun disini bukan berasal dari sebuah sungai, melainkan asli berasal dari sebuah mata air. Pada umunya, air terjun merupakan sebuah badan sungai yang dipotong oleh sebuah jurang, hingga akhirnya membentuk sebuah air terjun.

Di air terjun Benang Kelambu, sumber airnya berasal dari banyak mata air yang berada di sekitar dinding tebing yang ada disini. Karena jumlah mata air yang lebih dari 1 mata air, menjadikan air terjun yang tercipta disini terlihat seperti keluarnya air berasal dari celah celah di tebing. Tebing tersebut diselimuti tumbuhan yang subur dan semak yang rimbun.

Tidak hanya itu, dibawah air terjun terdapat sebuah kolam kecil sebagai tempat menampung curahan air yang berasal dari atas. Kebanyakan para wisatawan yang datang kesini menggunakan kolam kecil ini untuk mandi, berenang atau bahkan hanya untuk membasahi kaki saja.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Facebook.com @(Hendra Gunawan)

3. Air yang Memiliki Khasiat

Warga sekitar air terjun percaya bahwa air yang berasal dari air terjun ini bisa memberi tuah kepada seseorang yang berkeyakinan untuk berendam atau mandi di sana. Banyak orang percaya bahwa barang siapa yang mandi dan berendam di bawah air terjun, maka akan sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Keyakinan ini sebenarnya berasal dari kepercayaan warga setempat mengenai asal usul curug Benang Kelambu berada. Mayoritas warga disana percaya bahwa sumber air terjun sebenarnya berasal dari sebuah danau yang bernama Segara Anak. Danau tersebut dipercaya bahwa terletak di Gunung Rinjani.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Benang Kelambu

Alamat Wisata Benang Kelambu
Image Credit: Instagram.com @ucup.tekadsticker

Apabila ingin datang ke air terjun Benang Kelambu ini, Anda diharuskan memulai sebuah perjalanan dari Kota Mataram. Nantinya dari sini, Anda harus mengarahkan kendaraan untuk menuju ke Narmada lalu ke desa yang bernama Pancor Dao. Ketika Anda sudah sampai di desa ini, maka Anda harus melanjutkan perjalanan menuju timur laut. Nanti Anda disana bisa menjumpai Pasar Teratak.

Sesampainya di Pasar Teratak, belok kiri yang mengarah ke jalur pedesaan. Dari tempat ini nantinya Anda akan memakan perjalanan yang tidak terlalu lama, yakni hanya akan ditempuh selama kurang lebih 45 menit untuk bisa sampai ke tujuan wisata menarik ini. Jarak dari Kota Mataram ke air terjun terbilang cukup jauh, yaitu berjarak sekitar kurang lebih 42 kilometer.

Untuk moda transportasi yang digunakan untuk menuju lokasi air terjun sangat mudah dilalui, Anda bisa menggunakan kendaraan beroda empat ataupun kendaraan roda dua. Nantinya Anda akan menjumpai papan yang bertuliskan tulisan “Welcome to Geopark Rinjani”. Ini merupakan tanda bahwa Anda sudah berada di lokasi air terjun dan bergegas memarkirkan kendaraan.

Untuk persoalan harga tiket masuk ke air terjun Benang Kelambu ini sangatlah murah dan terjangkau untuk semua kalangan orang. Untuk tarifnya sendiri hanya sekitar 10.000 rupiah saja untuk satu orang tiket masuk. Tiket masuk ini hanya sebatas tiket masuk saja, tidak termasuk dengan layanan jasa yang dapat memandu wisata Anda ketika berada disini.

Di air terjun ini nantinya Anda bisa untuk menyewa sebuah pemandu wisata yang dapat menemani waktu liburan Anda supaya lebih berkesan. Untuk biaya jasa pemandu wisata tersebut hanya berkisar harga sekitar 50.000 rupiah untuk 1 orang jasa pemandu wisata yang dapat memandu wisatawan dengan maksimal kapasitas 7 orang wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Benang Kelambu

Kegiatan Menarik di Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Google Maps (Diki Madden)

1. Berenang dan Berendam

Banyak yang percaya bahwa air terjun Benang Kelambu ini memiliki banyak khasiat yang membuatnya banyak dikunjungi para wisatawan hanya untuk sekedar berendam dan berenang disini. Warga sekitar juga banyak yang percaya akan legenda-legenda mengenai air terjun yang katanya merupakan tempat mandi para bidadari.

Tidak hanya karena faktor tersebut saja, banyak juga wisatawan yang berendam disini karena airnya sejuk dan masih bersih. Hal itu membuat para wisatawan tidak takut terkena penyakit seperti gatal gatal saat berendam dalam waktu yang lama di air terjun ini. Mereka berendam dengan tujuan hanya menghilangkan rasa stress dan lelah dari rutinitas pekerjaan.

2. Hunting Foto

Banyak yang berpendapat bahwa air terjun ini merupakan air terjun yang paling cantik jika dibandingkan air terjun lainnya yang berada di Pulau Lombok. Hal itu dibuktikan dengan ramainya pengunjung yang datang dibanding air terjun lainnya. Karena indahnya, banyak dari mereka yang tidak lupa untuk mengabadikan hal tersebut dalam bidikan kamera.

Saking cantik dan indahnya tempat ini, bahkan ada yang sampai melakukan prosesi foto pra wedding di air terjun ini. Mereka beranggapan bahwa ingin mencari sebuah background foto natural yang indah dan mempesona. Namun, tidak sedikit juga yang berfoto di tempat ini hanya untuk sekedar koleksi pribadi ataupun hanya sekedar kebutuhan sosial media.

Kegiatan di Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Google Maps (Syauqi Akib)

3. Explore Air Terjun yang Tersembunyi

Sebenarnya air terjun ini memiliki keberadaan yang cukup tinggi dari tanah. Tetapi hal tersebut bisa terlihat lebih pendek dari tinggi aslinya, karena air terjun ini dibagi menjadi 3 tingkatan. Di tingkat yang terakhir hanya memiliki tinggi sekitar 5 meter, di tingkat yang kedua memiliki tinggi kurang lebih sekitar 10 meter, dan terakhir memiliki tinggi 30 meter.

Jika Anda kurang tertarik untuk berenang, mengexplore tingkatan air terjun dapat menjadi sebuah hal yang cukup asik dan menarik untuk bisa Anda lakukan. Nantinya hal tersebut membuat Anda nyaman dengan air terjun ini dan akhirnya dapat berlama-lama di lokasi wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Benang Kelambu

Fasilitas di Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Instagram.com @ucup.tekadsticker

Fasilitas di tempat ini sangat minimal sekali jika dibanding dengan air terjun lainnya yang lebih terkenal. Di air terjun Benang Kelambu ini hanya ada fasilitas berupa kamar mandi dan toilet yang juga sering digunakan sebagai tempat ganti baju setelah bermain di air terjun. Namun, hal tersebut terlihat bukan masalah serius bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Disini juga terdapat pedagang keliling yang hanya sekedar menawarkan makanan makanan ringan saja, tidak adanya warung makan di tempat ini membuat Anda harus membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Dan jika Anda haus, maka di dekat pintu gerbang masuk air terjun terdapat pedagang keliling yang juga menjajakan air minum untuk melayani para wisatawan yang datang.

Inilah sedikit ulasan mengenai wisata air terjun di Pulau Lombok yang bernama air terjun Benang Kelambu. Jangan lupa untuk memasukkan tempat wisata ini apabila Anda sedang berlibur atau jalan jalan ke Pulau Lombok. Dengan kedatangan Anda ke tempat ini, berarti Anda membantu untuk bisa mempopulerkan tempat ini.