Air Terjun Banyumala memiliki keindahan surgawi yang eksotis di Buleleng Bali. Pengunjung akan dibuat takjub saat menyaksikan pesona alam air terjun yang berada di hutan Desa Wanagiri.

Lokasi: Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Air Terjun Banyumala merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak tersembunyi di Bali Utara. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat wisata mulai tahun 2015. Meskipun masih tergolong baru, akan tetapi banyak para wisatawan yang tertarik berkunjung kesini karena memiliki daya tarik tersendiri. Disini, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang kalah indah dengan wisata lain yang ada di Bali.

Untuk bisa sampai disini, tentunya Anda harus menyiapkan kesabaran ekstra. Sebab, tempatnya cukup jauh dari jalan utama. Hal tersebut akan langsung terbayar saat Anda melihat keelokan dari pesona air terjun ini. Air terjun dengan dinding batu yang dilapisi oleh vegetasi hijau akan membuat mata Anda takjub.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Banyumala, Anda dapat mengunjunginya kapanpun. Sebab, destinasi wisata ini dibuka setiap hari. Sebelum mengunjungi suatu objek wisata, sebaiknya Anda membaca beberapa informasi terkait wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Banyumala

Daya Tarik Air Terjun Banyumala
Image Credit: Ksmtour.com

Air Terjun eksotis ini memiliki keindahan alam yang natural dan masih terjaga keasriannya. Objek wisata satu ini memiliki beberapa daya tarik yang mampu menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah.

1. Kolam Alami

Salah satu hal yang membuat para wisatawan penasaran dengan destinasi satu ini yaitu adanya kolam yang terbentuk secara alami dengan air yang berasal dari terjun. Kolam ini aman digunakan untuk aktivitas berenang atau sekedar berendam. Kolam alami ini mempunyai kedalaman sekitar 2 meter, dimana semakin jauh dari tepi maka semakin bertambah kedalamannya.

Kolam yang menampung air terjun ini memiliki luas 20 meter persegi dengan isian air yang sangat menyegarkan karena berasal dari gunung. Selain itu, air di kolam ini juga memiliki tingkat kejernihan yang lumayan tinggi. Anda dapat melihat dasar perairan tanpa harus masuk ke dalam kolam.

BACA JUGA:  Air Terjun Yeh Mampeh, Wisata Alam Nan Memesona di Buleleng Bali
Daya Tarik Air Terjun Banyumala
Image Credit: Google Maps (Antoine Phlipippe)

2. Air Terjun Eksotis

Destinasi wisata satu ini terdiri dari 3 aliran air terjun yang terletak secara berdekatan. Air terjun tersebut terdiri dari air terjun yang tinggi dan besar serta dua air terjan yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Air terjun yang tinggi terletak diantara kedua air terjun kecil. Air terjun yang ada disini kerap kali disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Air Terjun Kembar Banyumala.

3. Pemandangan yang Indah

Pertama kali yang akan Anda lihat saat menginjakkan kaki di kawasan air terjun ini adalah keindahan alamnya yang tiada tara. Pemandangan hijau yang memenuhi hampir tiap sudut membuat mata kita seakan puas dan menimbulkan perasaan bahagia. Lokasi air terjun yang terletak di lembah yang lumayan berbatu semakin menambah keindahan yang ada.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Banyumala

Lokasi Air Terjun Banyumala
Image Credit: Instagram.com @andha_ra_kadek

Air terjun yang terkenal di Pulau Dewata ini berlokasi di Kabupaten Buleleng, tepatnya di Desa Wanagiri. Bagi Anda yang berniat mengunjungi wisata satu ini Anda harus ekstra hati-hati. Sebab, akses jalan menuju Air Terjun Banyumala cukup curam.

Untuk bisa sampai di destinasi wisata satu ini, Anda bisa melewati 3 jalur. Jalur pertama yaitu dari daerah Singaraja menuju ke daerah Bedugul. Di sepanjang jalan Anda akan menjumpai banyak kera yang bergelantungan di atas di pohon.

Arahkan kendaraan ke Gobleg sesuai dengan rambu yang tertera di pinggir jalan. Dari sini Anda harus melewati perjalanan sejauh beberapa kilometer untuk bisa sampai di air terjun. Bagi Anda yang berada di lokasi yang berlawanan dengan Bedugul, Anda dapat mengarahkan kendaraan ke utara menuju ke pertigaan Busung Biu. Selanjutnya, Anda harus belok ke arah kiri menu Tamblingan.

Jalur ketiga yaitu dari Kota Denpasar, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam km untuk bisa sampai ke objek wisata ini. Anda harus memperhatikan dan mengikuti petunjuk jalan agar dapat sampai ke air terjun. Saat sampai di pertigaan Tamblingan, Anda harus mengikuti petunjuk yang telah tersedia dengan jelas.

Perlu Anda ketahui, Air Terjun Banyumala dan penunjuk jalan memiliki jarak sekitar 3,5 kilometer. Oleh sebab itu, Anda harus bersabar dan tetap berhati-hati agar selamat sampai tujuan. Setelah sampai di kawasan air terjun, Anda akan diarahkan ke tempat parkir bagi yang membawa kendaraan. Jarak tempat parkir mobil lebih jauh daripada tempat parkir kendaraan bermotor.

BACA JUGA:  Air Terjun Tembok Barak, Wisata Alam Favorit di Buleleng

Agar bisa masuk ke dalam kawasan objek wisata, Anda diwajibkan membayar Rp 10.000. Biaya ini nantinya digunakan untuk membangun fasilitas yang lebih memadai serta digunakan untuk membersihkan kawasan destinasi wisata.

Untuk tempat parkir, Anda cukup membayar sebesar Rp 3.000 dimana letak area parkir sangat dekat dengan kawasan air terjun. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000. tempat parkir mobil memiliki jarak yang lebih jauh dari kawasan air terjun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Banyumala

Kegiatan di Air Terjun Banyumala
Image Credit: Instagram.com @gus.lingga

1. Mengambil Foto

Air Terjun ini menjadi destinasi wisata yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan background gambar alami dan natural. Disini terdapat banyak spot foto yang tentunya dapat membuat siapapun iri. Anda dapat melakukan swafoto di air terjun maupun dengan pemandangan sekitarnya yang asri dan hijau.

2. Bersantai

Bagi Anda yang ingin melepaskan beban pikiran dengan berlibur, Air Terjun Banyumala merupakan rekomendasi yang tepat. Sebab, selain tempatnya yang sejuk dan cocok dijadikan sebagai tempat bersantai, kawasan ini juga masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Apabila Anda berkunjung saat hari biasa, Anda akan merasa kawasan tersebut adalah milik Anda seorang.

3. Berenang

Banyak dari para pelancong yang berkunjung kesini hanya untuk merasakan kenikmatan berenang di kolam alami. Dengan air yang sangat sejuk dan jernih membuat siapapun akan betah berlama-lama dalam melakukan aktivitas renang. Bagi Anda yang mengajak sang buah hati, Anda harus ekstra hati-hati. Sebab kolam ini memiliki kedalaman yang cukup dalam bagi anak-anak.

4. Piknik

Bagi Anda yang sedang berlibur bersama keluarga, Anda dapat melakukan kegiatan piknik di tepi kolam air terjun. Disini terdapat beberapa tempat kosong yang dapat digunakan sebagai tempat piknik. Pemandangannya yang sejuk dapat membuat Anda dan keluarga merasa nyaman dan bebas. Tempat satu ini sangat cocok dikunjungi untuk mencari udara segar dari hiruk pikuknya perkotaan.

5. Melakukan Penjelajahan

Seperti halnya air terjun biasanya, Air Terjun Banyumala juga terletak di kawasan hutan, tepatnya di daerah lembah. Oleh sebab itu, saat berada di destinasi wisata ini Anda dapat melakukan penjelajahan dan dipandu oleh para pengelola ataupun oleh masyarakat sekitar. Anda akan diajak menyaksikan pemandangan alam yang hijau yang dapat membuat Anda merasa bebas.

BACA JUGA:  Air Terjun Banyu Wana Amertha, Air Terjung Unik & Eksotis di Buleleng Bali

Anda tidak akan dikenakan biaya lebih saat melakukan kegiatan penjelajahan disini. Tetapi perlu Anda ingat, Anda tidak boleh melakukan penjelajahan tanpa ada pengawas dari masyarakat ataupun dari pengelola kawasan. Sebab, tempat ini masih tergolong baru dan masih jarang dilakukan penjelajahan. Pastikan juga Anda tidak membawa sumber api untuk mencegah terjadinya kebakaran.

6. Menyaksikan Pelangi

Bagi Anda yang beruntung, Anda dapat menyaksikan pelangi yang berasal dari percikan air terjun. Peristiwa ini tidak dapat setiap saat terjadi. Munculnya pelangi pada air terjun hanya terjadi pada saat cuaca panas. Anda akan sangat beruntung apabila memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Banyumala

Fasilitas di Air Terjun Banyumala
Image Credit: Instagram.com @pratamaimam95

Air terjun ini termasuk dalam destinasi wisata yang masih tergolong baru. Objek wisata ini juga terletak pada lokasi yang sulit dijangkau dan tersembunyi. Oleh sebab itu, hanya terdapat fasilitas yang mampu disediakan oleh para pengelola kawasan ini. Salah satunya yaitu 2 area parkir yang terletak pada lokasi berbeda.

Selain itu, Anda akan menjumpai warung kecil nan sederhana. Warung ini dijaga oleh masyarakat sekitar dan menyediakan banyak minuman dan makanan. Anda dapat membeli snack maupun makanan berat sebagai energi setelah lelah menjelajahi kawasan air terjun.

Para pengelola kawasan wisata menyediakan banyak tong-tong sampah agar para wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan keasrian alam agar tidak rusak.

Disini, juga terdapat kamar mandi atau toilet umum yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan badan dari penatnya berjelajah. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, Anda diwajibkan membayar sebesar Rp 3.000. Toilet yang ada disini memiliki jumlah yang terbatas. Anda harus mengantri terlebih dahulu karena pengunjung destinasi wisata ini cukup banyak.

Itulah beberapa informasi penting seputar Air Terjun Banyumala, surga eksotis yang tersembunyi di kawasan lembah. Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur kesini, Anda harus menyiapkan baju ganti. Sebab, tidak afdol rasanya jika tidak menikmati kesegaran air dari kolam alami. Perlu Anda ingat, Anda dilarang membuang sampah sembarangan dan diwajibkan untuk turut menjaga kebersihan lingkungan.