Air Terjun Banyu Wana Amertha salah satu air terjun nan eksotis di Buleleng, Bali. Air terjun dengan relif bebatuan yang unik dan kaya pesona yang menarik dijelajahi saat berada di Pulau Dewata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali

Sebuah wahana air yang terjun dari atas ketinggian memang membuat suatu penampakan yang diminati oleh beberapa orang. Aliran air yang mengalir turun dengan elegan dari tempat tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Sumber aliran tersebut dapat berasal dari mana saja, baik secara langsung dari pegunungan ataupun sumber air yang lain.

Di Bali sendiri menyimpan beberapa lokasi seperti itu. Pulau yang tersebut tidak hanya menampilkan apiknya wisata bahari yang ada di sekelilingnya saja. Namun, beberapa titik di bagian tengahnya juga terdapat beberapa tempat yang tak kalah indahnya dari pegunungan yang ada di Jawa ataupun lokasi yang lain di Nusantara.

Pesona destinasi Air Terjun Banyu Wana Amertha dapat membuat siapa saja terkesima akan keindahannya. Tersusun atas dinding tanah dengan bebatuan yang menonjol keluar, membuat bentuknya terlihat unik. Inilah yang membuat ramai pengunjung datang ke sana untuk sekadar melihat-lihat pers kondisi tersebut dengan mata kepala mereka sendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Banyu Wana Amertha

Daya Tarik Air Terjun Banyu Wana Amertha
Image Credit: Instagram.com @karto_misterius

1. Kombinasi Beberapa Air Terjun Dalam Satu Area

Inilah yang membuat sebuah keistimewaan tersendiri pada tempat wisata ini. Karena dalam satu tempat dapat dijumpai lebih dari satu air terjun yang mengalir. Meskipun jarak antar lokasi tersebut tidak benar-benar berdempetan. Namun, tetap saja ini merupakan sesuatu yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.

Beberapa air terjun yang ada di sekitar Banyu Wana Amertha ini yaitu air terjun kembar serta ada juga ada juga yang menyebut air terjun spray. Untuk mencapai beberapa tempat tersebut, diperlukan perjalanan sekitar beberapa menit untuk mencapainya. Akan tetapi, tentu dengan menggunakan kaki telanjang karena tidak mungkin kendaraan untuk melewatinya.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Buleleng Bali yang Terkenal Lezat

Mencapai beberapa lokasi yang bisa dianggap sebagai bonus saat berwisata di sana tersebut, hanya perlu waktu selama beberapa menit saja. Mungkin jika diibaratkan, hanya dibutuhkan dua lagu untuk didengarkan saja ketika mengambil perjalanan tersebut. Ini merupakan suatu keajaiban alam yang terdapat di Buleleng.

Pada air terjun yang pertama kali ditemui oleh para pelancong, merupakan air terjun yang mempunyai dua aliran yang jatuh ke bawah. Inilah yang disebut sebagai air terjun kembar. Salah satu dari aliran tersebut terjun dari ketinggian puluhan meter. Sangat tinggi memang hingga membuat takjub siapapun yang datang. Sedangkan yang satunya jauh lebih pendek namun tetap saja mengesankan.

Jika dilanjutkan, perjalanan tersebut akan mengantarkan para pengunjung kepada dua lagi air terjun yang mengalir. Salah satunya mempunyai ketinggian yang kurang lebih sama.

2. Sumber Mata Air Terjun yang Mempesona

Semua aliran air tentu mempunyai titik yang menjadi sumbernya. Inilah yang menjelaskan asal muasal aliran air yang ada pada suatu daerah. Air terjun yang satu ini sendiri pastinya juga memiliki suatu mata air yang menjadi tempat asal dari air yang mengalir. Letaknya berada pada suatu kawasan konservasi yang menjadi salah satu dari sekian ikon yang ada di salah satu pemukiman warga sekitar.

Secara gamblang, ini merupakan hasil dari suatu konservasi alam yang ada di daerah Wanagiri. Di sana terdapat sebuah hutan untuk melestarikan alam. Dari sekian banyak pepohonan yang tumbuh di sana, menghasilkan sebuah ekosistem yang sempurna hingga didapati aliran air alami. Sungai tersebut mengalir dan membuat air terjun yang satu ini.

Daya Tarik Air Terjun Banyu Wana Amertha Bali
Image Credit: Instagram.com @etha_serangan

3. Pesona Tebing Tempat Aliran Air

Salah satu yang membuat para pelancong tertarik untuk datang ke tempat in adalah dinding yang ada di sana berukuran cukup besar sehingga membuat suatu aliran air terjun yang cukup indah. Tidak berlebihan jika keindahannya dapat disandingkan dengna air terjun Niagara yang begitu fenomenal di seluruh dunia.

Ini merupakan versi mini darinya, dan lebih alami karena banyak didapati vegetasi yang tumbuh persis di dekat dan di samping air yang turun ke bawah. Air yang ada pun juga tidak berasal dari sebuah genangan air yang ada di atas permukaan tanah. Akan tetapi sebuah sumber air asli dari bawah tanah.

Sumber tersebut membuat suatu lubang pada tebing yang ada di sana dan akhirnya jatuh ke bawah karena tarikan gravitasi bumi. Inilah yang membuat siapapun yang melawat ke sana akan langsung terpana melihatnya. Keberadaannya seolah memberikan kesan tersendiri dari sebuah pulau yang begitu terkenal dengan banyaknya destinasi wisata pilihan berkelas dunia.

BACA JUGA:  Air Terjun Gitgit Buleleng Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

4. Kejernihan dan Kesegaran Airnya

Inilah yang menjadi akibat dari sumber air pada destinasi wisata tersebut. Karena air yang mengalir itu tidak berasal dari sungai atau semacamnya, melainkan sebuah sumber air alami karena adanya kawasan lindung dari berbagai tanaman dan vegetasi yang lain. Dengan begitu, membuat air yang ada pastinya terasa lebih segar dan tentunya jernih.

Bahkan jika Anda datang ke sana secara langsung, maka air yang ada tersebut dapat langsung di telan ke dalam mulut. Jika hujan turun pun, air tidak akan berubah warna karena terpengaruhi. Air tersebut merupakan hasil saringan alami yang dilakukan oleh tanaman-tanaman serta tanah yang ada di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Banyu Wana Amertha

Alamat Banyu Wana Amertha
Image Credit: Instagram.com @oksanaturizm

Destinasi alam yang begitu istimewa ini berada pada jarak lebih dari 60 kilometer dari Ibukota Provinsi Bali, Kota Denpasar. Untuk mencapainya, dibutuhkan jalur yang sama tatkala ingin berkunjung ke tempat wisata yang begitu tersohor, Bedugul Bali. Dari Danau Beratan yang ada di sana itu sendiri terpaut dengan jarak kurang lebih 10 kilometer.

Jika ingin mencapai area parkir terdekat untuk menjadi titik awal perjalanan ke objek tersebut, harus melewati pucuk dari area Wanagiri. Jika telah sampai di titik tersebut, maka dapat mengarahkan kendaraan ke daerah Buasana Sari. Jika sudah, belok ke arah kanan setelah 3 kilometer melewati tempat itu. Setelah itu, pengunjung akan melihat area parkir destinasi tersebut.

Sesampainya di kawasan tersebut, nampak terlihat jalur yang berundak-undak untuk mencapai lokasi yang dimaksud. Dari sinilah Anda diharuskan menggunakan kaki sendiri untuk berjalan. Tidak perlu khawatir, karena tempat meletakkan kendaraan dengan air terjun hanya terpaut beberapa kilometer saja.

Pada perjalanan tersebut, dapat dilihat area hutan tropis yang merupakan kawasan perlindungan dari pemerintah setempat. Selain itu, ada juga beberapa tanah yang ditanami kopi. Jalur setapak yang jumlah anak tangga yang begitu banyak tersebut tidak akan membuat bosan pengunjung yang melaluinya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Banyu Wana Amertha

Harga Tiket Air Terjun Banyu Wana Amertha
Image Credit: Instagram.com @darma_diamore

Jika ingin mendapatkan akses memasuki destinasi yang indah ini, maka tentunya harus mengeluarkan beberapa jumlah uang untuk membeli tiket masuk. Tarif tersebut dibagi menjadi dua yang memisahkan antara turis lokal dan juga pengunjung yang berasal dari negara lain. Warga negara Indonesia hanya akan dimintai biaya sebesar kurang lebih Rp 10.000 saja, sedangkan warga asing sejumlah Rp 20.000.

BACA JUGA:  Air Terjun Banyumala, Indahnya Air Terjun Tersembunyi di Buleleng Bali

Kalau Anda pergi menuju ke sana menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa, maka juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa keamanan pada saat memarkirkannya di sana. Tarif untuk sepeda motor sejumlah Rp 2.500 sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya Rp 5.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Air Terjun Buleleng

Kegiatan di Wisata Air Terjun Buleleng
Image Credit: Instagram.com @sethsetiadha

1. Menguji Adrenalin dengan Ayunan

Pada lokasi yang cukup dekat dengan objek tersebut, terdapat sebuah ayunan yang mempunyai ketinggian yang hampir sama dengan tinggi ari terjun tersebut. Hal ini tentunya akan sangat menantang bagi beberapa wisatawan yang menggemari aktivitas ekstrem untuk dicoba.

Keberadaan ayunan tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk menikmati keindahan alam yang tersaji di sana. Mendapati sebuah kawasan alam yang terlihat begitu asri dan juga rindang, akan bertambah nikmat jika melihatinya pada tempat yang tinggi.

2. Mengabadikan Momen

Aktivitas ini pastinya sangat diharapkan oleh siapa saja yang hendak berekreasi menuju objek wisata alam ini. Dengan berbagai hal yang disajikan oleh tempat ini, akan membuat terpana banyak orang sehingga tentu saja mengabadikannya dengan mengambil beberapa potret akan membuat liburan yang dilakukan terasa lebih pas lagi.

3. Berkeliling Area Wisata

Mengambil tur kecil-kecilan untuk mengitari kawasan tersebut pastinya dapat menjadi salah satu alternatif yang cerdas untuk dilakukan ketika datang ke sana. Kalau sudah sampai di sana, pastinya harus mengunjungi itu semua sehingga kunjungan pun akan lebih lengkap tanpa rugi karena melewatkan salah satunya.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Banyu Wana Amertha

Fasilitas di Air Terjun Banyu Wana Amertha
Image Credit: Instagram.com @infomambalterkini

Ada beberapa hal yang dapat diperoleh oleh pengunjung yang datang. Tidak perlu khawatir jika merasa ingin buang air, karena tersedia beberapa bilik MCK. Selain itu, area parkir yang digunakan untuk tempat kendaraan para pelancong juga cukup luas sehingga bisa menampung banyak motor dan mobil. Ada juga pemandu wisata yang siap mengarahkan perjalanan menuju ke lokasi.

Menyambangi Bali tentu saja merupakan sebuah pengalaman yang begitu mengesankan bagi sebagian besar orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa fakta, yaitu Pulau Dewata yang fenomenal dengan keelokan alamnya serta kualitasnya yang sudah menggapai kelas dunia. Dari sekian objek di pulau pariwisata ini, Air Terjun Banyu Wana Amertha merupakan salah satunya.