Inilah Wisata Air Terjun Terbaik di Pulau Dewata Bali dengan Pemandangan yang Memukau. Objek Wisata Alam Terindah, Populer dan Paling Hits Dikunjungi oleh Pelancong Saat Liburan.

Liburan ke Pulau Bali merupakan impian bagi banyak orang. Bali memang memiliki paket wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan masih banyak lagi. Pariwisata Bali sangat terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotis. Menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk datang.

Namun tidak hanya pantai, Bali memiliki alternatif wisata lain yaitu air terjun. Deretan air terjun dengan pemandangan menakjubkan dapat ditemui di beberapa daerah di Bali. Kebanyakan objek wisata air terjun tidak begitu ramai seperti pantai sehingga kondisinya lebih asri.

Setiap air terjun di Bali memiliki keindahan dan karakteristiknya masing-masing. Selain pemandangan cantik dan unik, jalur untuk mencapai lokasi air terjun juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut beberapa objek wisata air terjun terindah di Bali dengan daya tariknya masing-masing yang dapat menambah cerita petualangan Anda.

1. Air Terjun Leke-Leke

Air Terjun Leke-Leke
Image Credit: Visitbali.id

Pemandangan indah tersaji nyata di objek wisata Air Terjun Leke-leke yang berada di daerah Tabanan, Bali. Akses menuju tempat wisata ini terbilang mudah karena wisatawan hanya perlu berjalanan kaki sekitar 500 meter. Anda hanya perlu melewati sebuah jembatan dan jalan setapak yang sudah dibangun.

Selain air terjun yang begitu indah, pengunjung juga bisa menemukan kolam kecil yang sangat jernih. Pepohonan rindang mengelilingi area kolam alami tersebut menciptakan suasana yang benar-benar asri.

Lokasi: Antapan, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

2. Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak
Image Credit: Radittouringandwaterfalls.home.blog

Keberadaan air terjun yang satu ini belum banyak diketahui sehingga tidak terlalu ramai wisatawan. Lokasinya berada di balik tebing dan membutuhkan perjalanan sekitar 700 meter dari tempat parkir untuk sampai ke air terjun.

Pemandangan hutan dan pesawahan yang hijau akan menemani perjalanan Anda. Air terjun ini memiliki panorama alam yang indah dan cukup unik. Aliran airnya melewati tebing yang berwarna merah seperti namanya yaitu Tembok Barak yang artinya tembok merah.

Lokasi: Gunung Cengkeh, Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

3. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Pegipegi.com

Objek wisata air terjun ini cukup terkenal dan biasanya akan ramai pada musim liburan. Jalur yang perlu dilalui wisatawan untuk sampai ke lokasi air terjun adalah dengan menuruni beberapa anak tangga.

Pemandangan di sekitar air terjun begitu asri dan hijau. Aliran airnya meluncur jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang cukup deras. Wisatawan yang datang dapat berenang bahkan melakukan lompat tebing atau cliff jump.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

4. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Traveltriangle.com

Pemandangan air terjun bertingkat menjadi daya tarik dari objek wisata Air Terjun Kanto Lampo. Memiliki ketinggian sekitar 15 meter yang mengalir di permukaan tebing batu. Panorama yang indah dan mempesona membuat banyak wisatawan memanfaatkannya untuk latar belakang foto.

Airnya pun jernih dan sejuk sehingga bisa digunakan untuk berendam kaki melepas lelah. Namun, tetap harus berhati-hati karena beberapa bagian batu sering ditemukan lumut.

Lokasi: Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.

5. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung
Image Credit: Infokebali.com

Air Terjun Nungnung merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan. Memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang begitu menakjubkan. Suasana yang asri dan hijau menjadi tambahan daya tarik dari tempat wisata ini.

Wisatawan yang ingin melihat keindahan Air Terjun Nungnung harus berjalan kaki dan menuruni beberapa anak tangga karena lokasinya yang berada di lembah hutan. Namun tidak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan Anda akan ditemani pemandangan pesawahan dan hutan yang hijau.

Lokasi: Belok/Sidan, Kec. Petang, Kab. Badung.

6. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling
Image Credit: Gotravelly.com

Salah satu air terjun terbaik di Bali yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Aling-aling. Menyajikan pemandangan hijau dengan dikelilingi tebing dan pepohonan yang cukup rimbun.

Ketinggian aliran air terjun sekitar 35 meter dan terbelah menjadi dua bagian. Aliran air terjun yang lebih deras ada di sebelah kanan. Aliran air terjun tersebut membentuk sebuah kolam alami tepat di bawahnya dengan kedalam kurang lebih 4 meter.

Lokasi: Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

7. Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting
Image Credit: Blingurah.com

Objek wisata air terjun ini menawarkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Suasananya pun masih alami dengan udara yang sejuk. Pesona utama dari tempat wisata ini adalah air terjun yang mengalir deras dari ketinggian 20 meter.

Perjalanan menuju lokasi air terjun tidak begitu sulit karena Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir. Pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan adalah perkebunan hijau dan pohon-pohon yang cukup rimbun.

Lokasi: Jl. Air Terjun Melanting No.Desa, Gobleg, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

8. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Image Credit: Ttnotes.com

Air Terjun Gitgit dikenal sebagai salai satu air terjun tertinggi yang ada di Bali. Debit airnya cukup deras dengan ketinggian 48 meter. Air terjun yang satu ini juga terkenal bersih dengan airnya yang begitu sejuk. Wisatawan dapat berenang di kolamnya untuk melepas penat setelah berjalan kaki mencapai lokasi air terjun ini.

Saat mengunjungi objek wisata Air Terjun Gitgit, wisatawan akan melewati beberapa perkebunan warga seperti kebun cengkeh dan kopi. Lokasi air terjun berada di daerah pegunungan dengan suasana yang asri dan udara yang bebas polusi.

Lokasi: Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

9. Air Terjun Jembong

Air Terjun Jembong
Image Credit: Dispar.bulelengkab.go.id

Objek wisata air terjun ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Daya tarik dan keunikan dari air terjun ini adalah aliran air terjun setinggi 15 meter yang membentuk cekungan. Kolam alami tersebut mengalirkan air yang membentuk air terjun lagi sehingga terlihat seperti bertingkat.

Wisatawan dapat menikmati kolam air terjun yang paling bawah. Kedalamannya sekitar 1 meter dengan air yang jernih dan sejuk. Jadi cukup aman untuk pengunjung yang ingin berenang di kolam alami tersebut.

Lokasi: Ambengan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

10. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Tempat wisata alam yang satu ini terkenal dengan pemandangan air terjunnya yang begitu eksotis. Mengalir di tebing dengan batuan berwarna hitam menjadi pesona tersendiri yang ditawarkan Air Terjun Dusun Kuning.

Debit airnya tidak terlalu deras, namun mengalir jatuh dari ketinggian 25 meter yang membuat airnya menciprat ke segala arah. Wisatawan yang mendekat dapat merasakan kesegaran airnya yang benar-benar bersih dan alami.

Lokasi: Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli.

11. Air Terjun Goa Rang Rong

Air Terjun Goa Rang Rong
Image Credit: M-kuta.com

Air terjun terindah ini memiliki pemandangan yang unik dan berbeda dari kebanyakan air terjun. Aliran airnya terlihat seperti keluar dari mulut gua dan mengalir melewati bebatuan.

Wisatawan disarankan mengenakan pakaian sopan dan menjaga perilaku selama berada di kawasan air terjun ini. Hal tersebut karena lokasi air terjun ini disakralkan oleh masyarakat setempat.

Lokasi: Bakbakan, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.

12. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
Image Credit: Pegipegi.com

Aliran air terjun di objek wisata ini begitu indah seperti muncul dari balik tumbuhan-tumbuhan hijau. Saat musim hujan, pemandangan di Air Terjun Sekumpul benar-benar hijau dan aliran airnya pun selalu deras. Namun, wisatawan sebaiknya datang saat cuaca cerah agar perjalanan ke tempat ini lebih aman.

Akses jalan untuk mencapai air terjun adalah ratusan anak tangga yang cukup curam. Selain itu, tantangan lain sebelum sampai ke lokasi air terjun adalah wisatawan harus melewati atau menyeberang sebuah sungai. Objek wisata air terjun yang satu ini memang cocok untuk wisatawan yang menyukai petualangan dan tantangan.

Lokasi: Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng.

13. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Blogunik.com

Air terjun terindah yang bisa menjadi destinasi liburan terbaik di Bali adalah Air Terjun Peguyungan. Daya tarik dari tempat ini adalah aliran air terjunnya yang berada di tepi pantai.

Terdapat sebuah kolam yang menjadi akhir dari aliran air terjun sebelum jauh ke laut. Kolam tersebut dapat digunakan wisatawan untuk berenang sambil menikmati pemandangan indah di sekitarnya.

Lokasi: Batukandik, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

14. Air Terjun Wana Ayu

Air Terjun Wana Ayu
Image Credit: Kintamani.id

Salah satu objek wisata air terjun dengan akses jalan yang mudah adalah Air Terjun Wana Ayu yang berada di daerah Buleleng. Air terjun ini mengalir dengan ketinggian sekitar 35 meter dan jatuh ke sebuah kolam alami.

Aliran airnya melewati dinding tebing dan dikelilingi tumbuhan-tumbuhan hijau. Pemandangan indah dari air terjun ini bisa menjadi background foto yang keren. Apalagi suasananya yang tidak terlalu ramai sehingga pengunjung bisa lebih puas dan leluasa untuk mengambil foto-foto terbaik di tempat ini.

Lokasi: Padangbulia, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

15. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana
Image Credit: Kompasiana.com

Objek wisata ini dikenal dengan air terjunnya setinggi 20 meter yang terdiri dari dua aliran. Air terjun kembar tersebut jatuh ke sebuah kolam alami yang bisa digunakan wisatawan untuk berenang.

Akses jalan untuk mencapai lokasi air terjun tidak begitu sulit, namun Anda tetap harus menyiapkan stamina yang bagus. Pengunjung yang ingin melihat air terjun harus berjalan melewati beberapa anak tangga yang dibuat dari kayu.

Lokasi: Desa Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli.

16. Air Terjun Kembar Banyumala

Air Terjun Kembar Banyumala
Image Credit: Ksmtour.com

Banyumala merupakan nama air terjun yang cukup terkenal dengan aliran airnya yang melebar sepanjang 20 meter. Sesuai namanya, aliran air terjun ini tidak mengalir sendirian tetapi ada tiga bagian. Aliran air terjun yang ada di tengah menjadi yang paling besar.

Mengalir di permukaan tebing batu hitam dan dikelilingi tumbuhan hijau. Pemandangannya semakin indah dengan kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun. Kedalamannya sekitar 1 meter dan bisa digunakan wisatawan untuk berenang.

Lokasi: Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

17. Air Terjun Carat

Air Terjun Carat
Image Credit: Baliwonderland.blogspot.co.id

Salah satu objek wisata air terjun di Bali masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Carat. Saat berada di lokasi ini, Anda akan mendapati dua buah aliran air terjun.

Satu aliran air terjun yang hanya sekitar 4 meter cukup aman untuk wisatawan berenang di kolam atau aliran sungai di bawahnya. Air terjun yang lebih tinggi menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Namun, lokasinya berada di tebing yang curam sehingga wisatawan tidak bisa mendekat.

Lokasi: Bontihing, Kec. Kubutambahan, Kab. Buleleng.

18. Air Terjun Cemara

Air Terjun Cemara
Image Credit: Balisambangantrekking.com

Pemandangan eksotis dari objek wisata Air Terjun Cemara terlihat dari aliran airnya yang jatuh melewati bebatuan berundak-undak. Ketinggian aliran air terjun ini kurang lebih 25 meter dengan dikelilingi banyak tumbuhan-tumbuhan hijau. Menjadi salah satu air terjun dengan debit air yang cukup besar.

Alirannya pun jatuh ke kolam alami dan mengalir lagi membentuk sungai kecil. Wisatawan dapat merendam kaki supaya lebih rileks dengan airnya yang sangat sejuk. Suasana di sekitar air terjun ini masih sangat alami dan lebih tenang karena tidak terlalu ramai wisatawan.

Lokasi: Baktiseraga, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

19. Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk
Image Credit: Instagram.com @nicotemere

Air Terjun Munduk mengalir di permukaan tebing yang di sekelilingnya banyak ditumbuhi pepohonan lebat. Ketinggian air terjunnya sekitar 15 meter yang jatuh ke kolam alami di bawahnya. Kolam tersebut tidak terlalu dalam, tetapi cukup luas. Wisatawan bisa berendam di kolam alami ini untuk merasakan kesegaran airnya yang khas pegunungan.

Panorama alam yang asri dan pemandangannya yang hijau akan bagus untuk diabadikan dalam sebuah foto. Selain pemandangan yang indah, air terjun ini juga terkenal karena airnya yang mengandung sulfur atau belerang. Mineral yang biasa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kulit.

Lokasi: Jl Raya No.Desa, Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

20. Air Terjun Blemantung

Air Terjun Blemantung
Image Credit: Blog.airyrooms.com

Air Terjun Blemantung merupakan salah satu objek wisata air terjun yang lokasinya cukup terpencil. Perjalanan dari tempat parkir harus ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 1500 meter. Namun, perjalanan tersebut tidak akan membosankan karena Anda akan disuguhkan panorama sawah yang indah khas Bali.

Perjalanan menyusuri jalan setapak dan medan yang tidak mudah akan dibayar dengan pemandangan menakjubkan dari air terjun setinggi 50 meter. Wisatawan dapat mendekat di bawah alirannya namun harus berhati-hati karena hempasan anginnya cukup kuat dan beberapa pijakan yang mungkin sedikit licin.

Lokasi: Pujungan, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan.

Itulah daftar rekomendasi wisata air terjun terindah di Pulau Dewata Bali yang menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat ini tentu bisa menjadi alternatif untuk wisatawan menikmati liburan di Bali selain pantai. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan air terjun yang dikunjungi.