Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Aling-Aling termasuk surga tersembunyi yang layak dieksplor di Buleleng Bali. Pecinta trekking dan penikmat keindahan alam, wajib berkunjung ke air terjun ini!

Lokasi: Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Jika mendengar nama Pulau Bali, maka yang terlintas dalam pikiran Anda langsung tertuju pada keindahan pantainya yang telah mendunia. Padahal, pada kenyataannya Bali juga memiliki destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah menakjubkan. Air Terjun Aling-Aling, misalnya. Air Terjun ini adalah destinasi wisata alam yang tergolong tersembunyi di Buleleng Bali.

Saat ini, air terjun Aling-Aling menjadi alternatif tujuan wisata alam di Bali selain pantai. Bahkan, jika Anda memiliki cukup waktu ketika berwisata di Bali, maka Anda dapat mengunjungi Air Terjun ini di samping destinasi wisata yang lainnya. Hal itu tentu saja akan membuat pengalaman berwisata Anda menjadi semakin lengkap.

Meskipun objek wisata Curug Aling-Aling termasuk ke dalam destinasi yang tersembunyi, akan tetapi gubahan keindahan alamiah air terjun ini sangat mengesankan. Pelbagai fasilitas juga sudah tersedia, sehingga akan memudahkan Anda. Lalu, apa saja yang harus disiapkan sebelum menuju ke air terjun cantik ini? Cermati beberapa informasi penting berikut ini.

Menilik Cantiknya Air Terjun Aling-Aling

Menilik Cantiknya Air Terjun Aling-Aling
Image Credit: Google Maps (David Felix)

Air Terjun Aling-Aling termasuk cukup tinggi, yakni sekitar 35 meter. Dari kejauhan, Anda akan melihat pemandangan dua air yang terjun bebas menuju sebuah kubangan seluas empat meter. Tampak air di kubangan tersebut sangat jernih.

Namun, perlu diketahui pula bahwa kejernihan air di tempat ini juga bergantung musim. Air akan tampak jernih jika Anda berkunjung ke Air Terjun Aling-Aling pada saat musim kemarau. Sementara pada musim hujan, air akan menjadi lebih kotor karena mengalirkan air hujan dari berbagai sumber.

Apabila Anda mengunjungi Air Terjun ini ketika keadaan air jernih, maka air tersebut akan tampak begitu indah. Melengkapi selaksa keindahan yang berada di sekelilingnya. Terlebih jika dipotret dengan sangat baik akan menghasilkan hasil gambar yang sangat luar biasa. Di sisi mana pun, wisata air terjun ini sangat instagenic.

Dua air terjun di Air Terjun Aling-Aling terjadi akibat relief tebing yang berbatu sangat besar, tepat di bagian tengah air terjun. Oleh sebab itu, terjadilah dua aliran air terjun yang mana air terjun sebelah kanan mempunyai debit air yang lebih banyak daripada debit air terjun sebelah kiri. Padahal keduanya merupakan air terjun yang berasal dari sumber yang sama.

BACA JUGA:  6 Wisata Pantai di Nusa Penida Bali yang Paling Hits

Di samping kanan dan kiri Air Terjun akan tampak dinding batu dengan warna hitam yang berpadu dengan warna cokelat. Batu-batu tersebut terlihat mengkilap karena terbasahi oleh cipratan air terjun. Hal itu membuat tebingnya menjadi sangat eksotis dan sedap dipandang.

Selain keindahan tebingnya, Anda juga akan dihadiahi pemandangan sekeliling air terjun yang sangat asri. Tumbuhan-tumbuhan kecil hingga besar turut memeriahkan pesona air terjun Aling-Aling. Tentu saja, Anda akan merasa betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi & Rute Menuju Air Terjun Aling-Aling

Lokasi Air Terjun Aling-Aling
Image Credit: Thegreenshoestring.com

Air terjun yang berlokasi di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali ini merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan kecantikan air terjun di tempat yang jauh dari keramaian. Oleh sebab itu, kondisi alam di sekitar air terjun cantik ini masih terpelihara dengan baik. Populasi flora yang hidup juga masih sangat beragam dan tumbuh dengan subur.

Lokasi air terjun ini memang agak tersembunyi. Wilayahnya pun masih belum banyak terjamah oleh manusia. Oleh sebab itu, tempatnya masih sangat hijau dan rimbun. Bahkan, beberapa orang menyebut Air Terjun ini sebagai surga tersembunyi. Demikianlah keindahan yang terpancar dari Air Terjun Aling-Aling.

Geliat wisata air dalam industri pariwisata di Pulau Dewata Bali, lambat laun mulai menunjukkan kemajuan yang progresif. Terbukti, semakin hari semakin banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung ke air terjun ini.

Adapun peminat Air Terjun Aling-Aling tidak hanya wisatawan yang berasal dari Indonesia saja, tetapi juga wisatawan dari mancanegara mulai banyak yang tertarik untuk datang ke tempat ini. Memang, keindahannya adalah magnet utama yang menarik hati para wisatawan untuk bertandang.

Apabila Anda hendak menuju lokasi air terjun dengan memulai perjalanan dari Bandar Udara Internasional di Bali, maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh 110 km. Akan tetapi, jarak tempuh akan lebih singkat jika Anda memulai perjalanan dari Denpasar.

BACA JUGA:  Waterbom Bali - Daya Tarik, Atraksi, Lokasi & Harga Tiket
Lokasi & Rute Menuju Air Terjun Aling-Aling
Image Credit: Gotravelly.com

Dari Denpasar, Anda dapat menuju ke Singaraja. Selanjutnya, berhenti di Terminal Sukasada dan berakhir di Desa Sambangan. Dua jam adalah waktu tempuh yang Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan ini.

Jika telah tiba di Desa Sambangan, maka perjalanan Anda sudah semakin dekat menuju Air Terjun Aling-Aling. Di Desa Sambangan telah terdapat banyak plang petunjuk arah yang akan menuntun Anda menuju air terjun. Untuk dapat benar-benar sampai di objek wisata ini, dibutuhkan jarak sejauh dua kilometer lagi.

Namun, apabila Anda menginginkan perjalanan yang lebih mudah, Anda bisa menyewa mobil atau motor. Lalu, Anda dapat memanfaatkan google map yang akan memandu perjalanan Anda. Cara ini dinilai lebih hemat biaya dan lebih praktis daripada harus berkali-kali naik kendaraan umum.

Setelah memarkirkan kendaraan Anda, selanjutnya Anda harus meneruskan perjalanan melalui jalan setapak. Jalan yang dilalui cukup berliku dan berbatu. Sebaiknya Anda mengenakan sepatu yang beralas kesat agar tidak terpeleset. Setelah dua puluh menit, Anda akan disambut oleh gemericik air yang berasal dari air terjun.

Harga Masuk Wisata Air Terjun yang Fleksibel

Harga Masuk Air Terjun yang Fleksibel
Image Credit: Google Maps (Alexander Alekseenko)

Tidak ada ketentuan biaya masuk yang perlu Anda keluarkan agar bisa menjelajah Air Terjun Aling-Aling. Namun, di pos menuju lokasi air terjun terdapat kotak yang bisa Anda isi secara sukarela. Biaya yang pasti adalah biaya parkir karena Anda harus menempuh perjalanan selanjutnya dengan berjalan kaki.

Adapun biaya masuk fleksibel yang dimaksud adalah biaya yang dikeluarkan bergantung kepada pilihan Anda. Di sini, Anda tidak dipatok harus membayar suatu paket. Akan tetapi, Anda dapat memutuskan secara leluasa hendak membayar untuk paket wisata tertentu atau tidak.

Misalnya saja, jika hendak menyewa guide untuk mendampingi kegiatan menantang di Air Terjun Aling-Aling. Katakanlah Anda menginginkan short track, maka Anda perlu membayar sebesar Rp 125.000,- untuk satu orang. Sementara itu, untuk paket long track harga yang dibayarkan jauh lebih tinggi.

Tentu saja pilihan tersebut menguntungkan bagi Anda. Jika Anda hanya ingin melakukan trekking dan berfoto saja, maka Anda tidak perlu merogoh kocek tambahan untuk membayar guide.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Aling-Aling

Fasilitas Air Terjun Aling-Aling
Image Credit: Google Maps (Panca Mahendra)

Fasilitas yang dapat mendukung perjalanan wisata Anda di Air Terjun Aling-Aling terbilang cukup lengkap. Pertama, karena perjalanan yang dibutuhkan untuk tiba di air terjun ini tidaklah singkat, maka mungkin saja Anda memerlukan tempat untuk bermalam untuk melepas lelah. Anda bisa bermalam di beberapa penginapan yang tersedia di lokasi sekitar air terjun.

BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Selain itu, di sekitar kawasan air terjun juga terdapat tempat makan yang bisa Anda kunjungi setelah lelah menjelajahi keindahan air terjun. Fasilitas ini akan memberikan kemudahan bagi Anda sehingga petualangan di Air Terjun Aling-Aling tetap terasa menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Aling-Aling

Kegiatan Menarik di Air Terjun Aling-Aling
Image Credit: Dolandolen.com

Terlepas dari keindahan yang mewarnai setiap langkah Anda alam terbuka, ada hal lain yang hendak dituju jika mengunjungi air terjun. Pemburu keindahan air terjun tentu saja tidak akan melewatkan kegiatan-kegiatan menantang di setiap air terjun yang dikunjungi.

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Berenang di area air terjun akan menjadi sangat menyenangkan. Suara air terjun yang bergemericik, suara daun yang saling bertepuk satu sama lain, dan embusan angin yang begitu sejuk membuat atmosfer di Air Terjun Aling-Aling menjadi sangat istimewa.

Kemudian, Anda dapat melakukan waterfall sliding. Anda tidak perlu ragu untuk melakukan kegiatan ekstrem ini. Anda cukup mengikuti semua instruksi dari guide yang mendampingi Anda. Dengan begitu, kegiatan waterfall sliding Anda akan tetap aman. Justru Anda bisa saja ingin melakukannya berulang kali.

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan cliff jumping yang sangat memacu adrenalin. Cliff jumping yang dilakukan langsung dari tebing air terjun. Anda dapat melompat dari tebing bersamaan dengan terjunnya air menuju kolam. Tentu saja kegiatan ini harus didampingi oleh guide yang berpengalaman agar Anda tetap dalam kondisi baik.

Satu lagi, kegiatan yang mesti dilakukan adalah melakukan sesi foto. Kegiatan-kegiatan sebelumnya juga sangat layak untuk dipotret sebagai kenang-kenangan. Kesempatan berada di tempat yang indah ini harus benar-benar Anda nikmati. Melalui foto, semua kesan itu akan bisa mengingatkanmu untuk datang kembali ke Air Terjun Aling-Aling yang indah ini.

Itulah beberapa informasi yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan pergi ke Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali. Jika Anda sudah mengetahui informasi penting tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan segala keperluan. Dengan begitu, persiapan yang benar-benar matang akan membuat perjalanan wisata Anda menjadi lebih menyenangkan.