Pemandian Air Panas Toya Bungkah menjadi tujuan favorit untuk berendam air panas di Kintamani dengan latar pemandangan pegunungan dan danau Batur yang memukau.

Lokasi: Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Bali terkenal dengan wisata airnya yang mampu menjadi primadona hingga mancanegara. Mulai dari Pantai hingga Danau atau Telaga tersebar luas di setiap sudut Kotanya. Selain kedua tempat tersebut, saat ini Pemerintah juga mulai menaruh perhatian terhadap jenis pariwisata pemandian air panas. Pasalnya, semakin hari banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

Pemadian air panas Toya Bungkuh, salah satu dari beberapa lokasi yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Bahkan turis asing juga tidak mau kalah ketinggalan dengan orang lokal untuk melepas penat di sana.

Seperti asal namanya yang berarti “Air dari sela Bebatuan”, kawasan ini benar-benar elok dan memiliki sumber air jernih yang berasal dari pegunungan Batur. Selain itu juga dikenal dengan nama Batur Natural Hot Sping, sebagai langkah promosi yang lebih modern.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Daya Tarik Air Panas Toya Bungkah
Image Credit: Google Maps (Deka Adnya)

1. Pemandangan Hamparan Padang Rumput dan Batu Gunung

Saat Anda melakukan perjalanan menuju lokasi, mata akan dimanjakan oleh hamparan padang rumput dan batu gunung yang indah. View ini didapatkan karena lokasinya yang berdekatan dengan wisata alam lainnya. Selain itu rute menuju lokasi juga menjadi alasan utama hal tersebut bisa Anda temukan di sepanjang jalan.

2. Menikmati Berendam di Kolam Air Panas

Air panas di pemandian ini berasal dari sumber yang muncul dari sebuah batuan dan terbentuk secara alami. Sumbernya begitu deras dan jernih bermanfaat sebagai pengobatan penyakit kulit. Panas yang ada di sana sekitar 38-39 derajat celcius. Suhu tersebut masih sangat aman bagi anak-anak ataupun orang dewa, sehingga tidak perlu khawatir akan kemungkinan buru apapun.

3. Pemandangan Gunung Batur

Saat berada di kolam, Anda benar-benar akan merasa bahagia dengan pemandangan Gunung Batur yang menjulang tinggi mengelilingi sudut yang yang ada. Lekukan-lekukan yang tegas menambah pesona yang ditawarkan. Begitu Anda sampai semua penat dan stress dalam diri akan hilang sirna tergantikan oleh energi baru yang lebih segar.

4. Dekat Dengan Danau Batur

Panorama lain yang ditawarkan adalah birunya air danau yang terlihat jelas dari letak pemandian. Membentang dengan garis panjang yang menakjubkan. Sudah dapat dipastikan daya tarik inilah yang berhasil menarik banyak wisatawan datang berkunjung selain sumber air panasnya. Sehingga namanya semakin dikenal dan mendapat banyak kunjung setiap harinya.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah
Image Credit: Grid.id

5. Udara Sejuk

Udara sejuk didapatkan dari letaknya yang dikelilingi oleh beberapa hutan hijau dan perbukitan yang masih asri. Keadaan ini menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya untuk memikat siapapun datang. Bayangkan berendam di hangatnya air sumber yang segar ditemani dengan suhu yang menenangkan.

6. Memiliki Nama Lain “Batur Natural Hot Spring”

Sebagai upaya untuk melakukan promosi global maka pengelola memberikan branding baru dengan sebutan lain yaitu Batur Natural Hot Spring. Melalui nama baru ini, tujuan benar-benar tercapai, akhirnya muncul banyak pencarian tempat dengan titik tersebut.

7. Air yang Pernah Disakralkan

Dahulu menurut sejarahnya, lokasi sumber ini menjadi tempat suci bagi orang di sekitar. Dijadikan aliran suci yang dijadikan untuk meminta kesembuhan dan berbagai ritual lain. Hingga akhirnya difungsikan secara umum sebagai tempat wisata. Bahkan saat ini pengembangan demi pengembangan dilakukan agar mengikuti kebutuhan pengunjung.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pemandian Toya Bungkah

Lokasi Pemandian Toya Bungkah
Image Credit: Google Maps (Hyde Moja)

Alamat wisata ini berada di desa Pekraman Batur, kawasan Kintamani. Lokasinya mudah dijangkau dengan akses yang bagus dan mulus. Rute pertama bisa dilalui dari titik Kota Denpasar kemudian melanjutkan perjalanan menuju daerah Kintamani di Bangli. Setelah itu, ketika sampai di Penelokan, lanjutkan dengan mencari petunjuk jalan menuju arah Danau Batur.

Setelah sampai di Danau tersebut, maka Anda sudah berada lebih dekat dengan pemandian yang dituju. Ikuti petunjuk arah menuju Batur Natural Hot Spring dan sampailah di pintu masuk. Jika Anda merasa kurang nyaman melakukan perjalanan sendiri, sekarang banyak sekali paket wisata ke tempat ini. Jadi Anda bisa menyewa travel yang menawarkan paket ke Pemandian Toya Bungkah.

Harga tiket masuk Air Panas Toya Bungkah terbilang cukup murah. Untuk menikmati semua fasilitas yang ada, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 80.000,-. Semua sudah termasuk ke dalam hitungan pajak dan pelayanan yang disediakan oleh pihak pengelola. Namun, untuk turis dari luar negeri harga sedikit berbeda karena ditentukan dalam satuan dollar Amerika sebesar $10,-.

Harga yang dibayarkan sebanding dengan kondisi pemandiannya, mulai dari jumlah kolam, kebersihan, keamanan, pemandangan yang ditawarkan, hingga pengaturan suhu air yang aman. Selain itu panas yang ada di air tersebut mampu mengobati beberapa penyakit kulit.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pemandian Toya Bungkah

Kegiatan di Pemandian Toya Bungkah
Image Credit: Google Maps (chiang hartanto)

1. Berendam

Pergi ke pemandian tidak berendam, tentu akan sangat aneh sekali. Cara menikmati air panas yang bagus untuk kesehatan kulit dan merilekskan otot yang kaku, akan sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan kegunaannya. Menariknya lagi, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut dengan, menikmati pemandangan yang memanjakan mata dari gunung Batur yang Megah.

Perlu diketahui juga bahwa di tempat ini terdapat dua jenis kolam umum dan khusus untuk wisata. satu kolam umum adalah tempat yang banyak digunakan oleh masyarakat umum yang terkoneksi secara alami dari pegunungan Batur. Sedangkan satu lagi dibuat khusus untuk tempat wisata dengan tambahan bangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

2. Menikmati Keindahan Gunung Batur

Letaknya terbangun secara alami di alam terbuka yang terkoneksi dengan sumber mata air dari sela batu yang berasal dari Gunung Batur, menjadikannya terlihat sangat dekat. Sehingga tidak heran jika, tempat ini kemudian mendapat bonus pemandangan megahnya. Menjulang tinggi dan mengelilingi salah satu sudut kolam air panas Toya Bungkuh.

Banyak orang yang terpikat dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan tersebut. Saat cuaca yang cerah, Anda bahkan bisa menyaksikan setiap keindahannya yang menjulang tinggi seperti hendak menempel di langit. Berendam dan menikmati panorama alami yang menakjubkan menambah bahagia setiap mata yang memandang.

3. Foto pre-Wedding

Bentang alamnya yang menyajikan suntikan keindahan panorama alam mengesankan banyak dimanfaatkan sebagai latar belakang pengambilan foto. Sekedar selfie atau untuk yang sudah professional dan bidang fotografi, semua beramai-ramai mengabadikan pesona yang ditawarkan air panas Toya Bangkuh.

Beberapa pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan, juga banyak yang memilih spot ini sebagai objek pengambilan gambar pre-wedding. Nuansa alami, asri dan eksotis menjadi perpaduan unik yang menjadi alasan utama pemilihannya sebagai titik terbaik untuk menjadi bahan jepretan yang bagus.

4. Melihat Kegiatan Agrowisata di Tepi Danau Batur

Danau Batur lokasinya sangat dekat dengan pemandian ini, sehingga tidak ada salahnya untuk mampir dan melihat kegiatan agrowisata di sekitarnya. Pemberdayaan sayur mayor yang hijau dan segar memberikan nuansa lain dalam rangkaian perjalanan Anda. Selain belajar bercocok tanam, juga mengenali berbagai jenis tanaman yang tidak bisa ditemukan di kota secara langsung.

Selain itu, dari kolam saat berendam Anda juga bisa menyaksikan biru air danau yang segar di pandang. Perjalanan menuju lokasi akan banyak sekali yang bisa dinikmati. Sehingga liburan Anda benar-benar asik dan menyenangkan untuk dikenang atau mungkin diulang kembali.

5. Kulineran

Setelah menyegarkan diri dengan air panas di kolam, manjakan lidah Anda dengan kulineran khas yang enak dan lezat. Pengelola telah menyediakan beberapa warung atau resto yang menjual dan mengelola makanan terbaik dari wilayah tersebut.

Setelah melepas penat dengan merendam diri di dalam air hangat yang merilekskan badan, kemudian mengisi perut dengan pilihan lezat yang mengenyangkan, liburan benar-benar lengkap. Anda bahkan tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan semua, di pinggiran kolam semua tersedia dengan lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Fasilitas di Pemandian Air Panas Toya Bungkah
Image Credit: Google Maps (Gentili David)

Fasilitas yang ditawarkan sudah terkelola dengan baik oleh pihak yang menanganinya langsung. Sebagai tempat yang dijadikan destinasi wisata, tentu banyak pembaruan sarana prasarana yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung, begitupun di sini. Penambahan jumlah kolam dan juga fasilitas ruang ganti yang lebih aman juga menjadi bentuk kepedulian dari pengelola.

Fasilitas berupa kamar ganti yang dilengkapi dengan loker yang aman dengan kunci. Restauran atau warung makan, penginapan, dan juga kolam air panas yang bersih. Toilet dan tempat parkir tersedia dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan lonjakan pengunjung setiap harinya. Gazebo-gazebo kayu juga terjejer rapi di tepi kolam untuk digunakan para pengunjung yang ingin bersantai di tepi.

Itulah gambaran lengkap mengenai wisata pemandian yang sedang naik daun di kalangan mancanegara ataupun turis lokal. Keunikan dan manfaat yang ditawarkan menjadi pemikat utama, sehingga tidak pernah sepi oleh kunjungan orang-orang yang ingin melepas lelah di tengah padatnya jam kerja. Banyak hal-hal menarik yang patut untuk dijajal saat Anda berkunjung ke Air Panas Toya Bungkah.