Pemandian Air Panas Penatahan salah satu pemandian favorit di Tabanan yang memiliki banyak kolam. Natural hot spring yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Penatahan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Berada di wilayah pegunungan, pemandian ini memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan. Panorama yang disajikan sebagai pelengkap suasana adalah hutan dan sawah yang terhampar. Air panas yang ada di area bersumber dari pura yang terletak di area pemandian juga. Namanya adalah Pura Yeh Panes.

Lokasi yang berada di pinggir sungai membuat pengunjung dapat menikmati suasana liburan sambil ditemani gemericik air sebagai melodi pelengkap. Topografi di kawasan ini berundak-undak selayaknya daerah pegunungan. Keadaan demikian membuat kolam-kolam tersebar dari bagian atas hingga paling bawah.

Dapat dikatakan pemandian air panas penatahan merupakan destinasi yang pas dijadikan untuk wisata keluarga. Wisatawan dapat mengajak anak-anak ketika berlibur ke sini. Keadaan kolam sangat mendukung untuk bermain anak dengan kedalaman dan suhu yang sesuai untuk anak-anak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pemandian Air Panas Penatahan

Daya Tarik Pemandian Air Panas Penatahan
Image Credit: Google Maps (VERDIER Loic)

1. Memiliki Banyak Kolam Privat

Pemandian ini menyediakan delapan buah kolam yang terletak di bagian atas dan bawah area pemandian. Setiap area kolam memiliki keunikan tersendiri. Area bagian atas memiliki sekat yang terbuat dari bambu. Sementara kolam-kolam yang ada di bagian bawah penyekat adalah sebuah tembok tanpa atap.

Pada setiap area kolam privat terdapat fasilitas sebuah meja yang biasanya digunakan untuk meletakkan barang-barang bawaan milik pengunjung. Pada waktu ramai pengunjung, Anda harus bersabar menunggu giliran untuk masuk ke dalam kolam privat.

2. Lokasi Dengan Dominasi Warna Hijau

Destinasi ini berada di kawasan dengan dominasi warna hijau. Warna hijau ini berasal dari pepohonan yang menghiasi seluruh area pemandian dan sekitarnya. Area pemandian memiliki berbagai jenis tanaman yang di kelola dengan baik sehingga tumbuh subur dan memberikan kesejukan pada lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  The Blooms Garden Bedugul - Taman Cantik, Megah & Kekinian di Bali

Di kelilingi hutan dan sawah, pemandangan dari pemandian nampak sangat asri. Jika pengunjung berada di kolam yang paling atas, akan nampak panorama penatahan dengan jangkauan lebih luas.

Lokasi yang berdekatan dengan sungai juga memberi kesempatan pada pengunjung untuk menikmati suara gemericik air yang berasal dari sungai. Suara ini akan menemani pengunjung sepanjang waktu saat pengunjung berkunjung ke lokasi wisata ini.

3. Memiliki Kolam Dengan Berbagai Karakter

Kondisi area pemandian yang berundak undak memberikan kesan tersendiri untuk pindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Lokasi kolam yang ada pun tersebar dari bagian paling atas hingga paling bawah. Ketika berpindah dari satu kolam ke klam yang lain, pengunjung akan melewati taman hijau di sisi kanan dan kiri.

Selain kolam privat, Anda dapat menggunakan kolam yang letaknya ada di beberapa titik pemandian. Kolam umum yang tersedia diantaranya :

Kolam Pertama – Kolam ini berada paling dekat dengan sungai. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kolam-kolam yang lain. Air di dalam kolam ini termasuk dalam kategori dingin.

Kolam Kedua – Kolam ini memiliki suhu air antara 38 hingga 40 derajat celcius. Dengan air panas, kolam ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan kolam pertama. Yang menarik, ada pancuran bambu yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

Kolam Ketiga – Berada di paling atas wilayah pemandian, kolam ini merupakan yang terluas dibandingkan dengan kolam lainnya. Air di kolam ini masuk dalam kategori cukup hangat. Sementara kedalamannya hanya sekitar satu meter sehingga sering digunakan oleh anak-anak.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Penatahan Bali
Image Credit: Google Maps (Ariani Mita)

4. Kolam Khusus Anak-Anak

Mengajak anak-anak dalam liburan menjadi hal yang sangat menyenangkan sekaligus tantangan yang lumayan berat. Anak-anak yang aktif dan memiliki berbagai keinginan menjadikan orang yang lebih dewasa harus ekstra dalam melakukan penjagaan.

Beberapa lokasi kurang cocok jika dijadikan tempat berwisata dengan anak-anak. Keamanan dan kondisi alam menjadi beberapa hal yang harus diperhatikan dengan benar sebelum keberangkatan. Kondisi pemandian air panas penatahan memiliki lokasi yang dapat dikategorikan aman untuk mengajak anak-anak liburan.

Pemandian ini menyediakan kolam yang tidak terlalu panas dengan suhu air yang tidak terlalu panas juga. Tersedia kolam dengan kedalaman satu meter dan 80 cm.

5. Berlibur Sekaligus Terapi

Air panas di pemandian ini memiliki kandungan belerang. Walaupun kondisi air menjadi tidak jernih karena hal tersebut, diyakini air memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit baik penyakit kulit maupun rematik.

BACA JUGA:  Danau Beratan, Wisata Alam Eksotis di Bedugul Bali

Pengunjung yang ingin sembuh dari sakit, disarankan untuk berendam secara rutin di kolam yang airnya berasal dari berbagai sumber ini. Karena berendam satu kali dalam kolam yang memiliki air dengan gelembung ini dirasa masih belum cukup untuk mencapai kesembuhan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Air Panas Penatahan

Lokasi Wisata Air Panas Penatahan
Image Credit: Google Maps (Yousif Almahdi)

Wisata pemandian air panas penatahan beralamat di sebuah desa yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tabanan. Nama desa tersebut adalah Penatahan. Orang lokal penatahan lebih sering menyebutnya dengan pemandian Yeh Panes.

Untuk sampai di lokasi ini, wisatawan dapat mengikuti penunjuk jalan yang telah tersedia. Kendaraan yang dapat wisatawan gunakan bermacam-macam. Namun, jika Anda menginginkan mobilitas yang mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan fasilitas penyewaan sepeda motor dan mobil.

Jika berangkat dari kota Denpasar, pengunjung akan sampai lokasi dalam waktu hingga 1,5 jam. Sementara dari pusat kota Tabanan, estimasi waktu yang diperlukan sekitar satu jam untuk menempuh jarak 13 km. Sementara dari bandara, kawasan ini berjarak sekitar 35 km.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Penatahan

Harga Tiket Pemandian Air Panas Penatahan
Image Credit: Google Maps (Patrick Tabberman)

Pemandian dengan kolam air belerang ini memiliki jam operasi mulai dari 07 pagi hingga delapan malam. Terbuka setiap harinya untuk melayani pengunjung yang datang.

Untuk masuk kawasan ini, wisatawan perlu membeli sebuah tiket seharga Rp 15.000 per orang untuk masuk kolam umum. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana lebih tenang dan nyaman, dapat masuk ke wilayah kolam privat dengan tiket masuk kolam sebesar Rp 25.000 untuk setiap jam.

Pemandian ini juga mengadakan kebijakan untuk membedakan harga tiket masuk antara wisatawan lokal dengan wisatawan mancanegara. Tiket masuk utama yang diperuntukkan bagi wisatawan lokal sebesar Rp 50.000, sementara wisatawan asing akan terkena biaya Rp 100.000 per orang.

Biaya lain yang harus dikeluarkan ketika berwisata ke kawasan ini adalah biaya parkir kendaraan. Untuk setiap sepeda motor yang parkir dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. sementara, pengendara mobil akan membayar Rp 20.000 untuk parkir kendaraannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Air Panas Penatahan

Kegiatan di Wisata Air Panas Penatahan
Image Credit: Google Maps (RUSFEMINA)

1. Berendam di Kolam

Dengan banyaknya kolam yang ada di destinasi ini. Pengunjung dapat memilih jenis kolam mana yang paling cocok untuk dirinya. Pengunjung dapat menyesuaikan kondisi tubuh dengan suhu dan kondisi kolam.

BACA JUGA:  Pura Ulun Danu Bratan, Pesona Pura Terapung di Dataran Tinggi Bedugul

Berendam di kolam dengan kandungan belerang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan adalah meningkatnya kesehatan kulit. Kandungan belerang diyakini dapat membuat kulit lebih baik.

Selain itu, ketika Anda datang bersama keluarga, Anda dapat berendam bersama-sama. Melakukan kegiatan ini dengan orang terkasih tentu akan lebih menghadirkan makna. Ditambah dengan cengkerama hangat, Anda dan keluarga dapat menjadikan momen untuk meningkatkan kualitas hubungan keluarga.

2. Bersantai di Gazebo

Dengan wilayah yang cukup luas, berkeliling area akan membuat pengunjung mungkin sedikit kelelahan. Namun, pengunjung yang sedang merasa lelah tidak perlu merasa khawatir, karena tersedia gazebo yang berada di beberapa titik kawasan pemandian.

Anda dapat bersantai sejenak sambil menikmati suasana pegunungan yang sejuk. Ditemani dengan makanan favorit dan musik kesayangan, suasana tentu akan lebih menyenangkan.

Suasana alam yang masih alami dan sejuk menambah ketenangan suasana beristirahat dan bersantai Anda. Selamat menikmati panorama yang ada

3. Bermain Dengan Anak-Anak

Kawasan pemandian ini memiliki kondisi yang sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama anak. Bukan hanya menikmati kolam, suasana di sekeliling pemandian dapat digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Alam sebenarnya telah menyediakan seluruh jawaban untuk kebutuhan manusia. Termasuk dalam rangka membangun pertumbuhan dan perkembangan anak. Lokasi kawasan ini memberikan sedikit fasilitas untuk melakukan kegiatan dengan anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Air Panas Penatahan

Fasilitas di Pemandian Air Panas Penatahan
Image Credit: Instagram.com @travel_eat_pray_love

Berendam di air panas membuat wisatawan mudah merasa lapar. Wisatawan yang lapar tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di lokasi pemandian air panas ini terdapat tempat makan berupa restaurant dan cafetaria yang menyediakan berbagai jenis makanan dalam menunya. Ada pula fasilitas berupa spa air panas.

Masih berada di wilayah pemandian, terdapat penginapan yang bisa dijadikan tempat menginap bagi wisatawan yang ingin bermalam. Bagi pengunjung yang kelelahan setelah berkeliling area wisata, pengelola telah menyiapkan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil bersantai.

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi pun pengelola telah menyediakan parkir yang cukup luas. Anda juga akan menemukan taman-taman yang tertata rapi di kawasan pemandian air panas ini.

Berendam di air panas menjadi alternatif liburan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Bali. Pemandian air panas penatahan dapat mengakomodir kedua hal tersebut dengan segala kondisi dan fasilitas yang ada di dalamnya.