Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mengesta, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali.

Pemandian Air Panas Belulang yang terletak di Tabanan menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak haeran, daerah sekitar Tabanan memang sudah terkenal dengan keindahan wisata alamnya.

Jika anda kebetulan sedang berada di daerah Tabanan, tak ada salahnya untuk sekalian mampir dan menikmati indahnya pemandian air panas ini. Tempat ini pun bisa menjadi salah satu lokasi yang pas untuk berlibur bersama keluarga atau pun teman-teman. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Daya Tarik Wisata Air Panas Belulang

Daya Tarik Air Panas Belulang
Photo by Google Maps Goren Fang

1. Pemandangan Menuju Air Panas yang Menyejukkan Mata

Sesampainya di tempat parkir, anda pun masih perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Selama melakukan perjalanan tersebut, anda pun akan langsung disambut dengan pemandangan alamyang sangat indah. Pertama tama, anda pun akan dibawa menyusuri pematang sawah yang memang telah tertata dengan rapi.

Kemudian, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang masih sangat asri dan alami. Tentunya sangat pas bagi anda yang sedang dilanda penat dan mencari tempat yang refreshing. Disini, anda juga akan melihat hamparan sawah berundak undak yang apik dan juga menyejukkan mata.

2. Sumber Mata Air Dipercaya Mampu Menyembuhkan Penyakit

Daya tarik lainnya yang dimiliki Pemandian Belulang adalah sumber mata air panas yang ada disini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebut saja seperti penyakit kulit dan juga dapat berfungsi sebagai terapi penyembuhan bagi anda yang menderita penyakit rematik.

Tak hanya itu saja, ketika anda berendam ke lokasi satu ini, maka juga dapat bermanfaat untuk melemaskan otot otot anda yang pegal pegal. Hal ini dikarenakan spa alami yang berasal dari guyuran air pancuran yang panas tersebut akan mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan kembali fresh untuk menyambut hari.

3. Memiliki Bau Belerang yang Tidak Menyengat

Pemandian kolam air panas memang identik dengan bau belerang yang menyengat. Akan tetapi, jika anda mengunjungi Air Panas Belulang ini, anda pun tidak akan mencium bau belerang yang sangat menyengat. Sehingga hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi satu ini.

Dengan begitu, saat anda menghabiskan waktu ke tempat satu ini maka anda pun nantinya akan bisa menikmati keindahan dan berendam tanpa perlu mencium bau belerang yang menyengat. Hal ini berbeda dengan air panas tetangga yakni Air Panas Angseri dan juga Penatahan. Dimana kedua air panas tersebut memiliki bau yang menyengat karena kandugan sulfur yang terdapat di dalamnya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pemandian

Alamat Air Panas Belulang
Photo by Google Maps Michael Schauer

Wisata Air Panas Belulang berada tepat di Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan Bali. Jika anda berangkat dari pusat kota Tabanan, maka anda pun akan menempuh jarak yakni sekitar 15 km. Sedangkan jika anda berangkat dari arah Denpasar, maka lokasi wisata satu ini masih satu perjalanan dengan destinasi yang lain.

Sebut saja seperti Air Panas Penatahan dan Angseri, yakni dari kota Tabanan menuju ke bagian air utara. Dengan jarak ketiga tempat tersebut yang tidak berjauhan, maka jika anda berkunjung ke Air Panas Belulang tak ada salahnya untuk sekaligus mampir ke tempat wisata tersebut.

Selain itu, ada beberapa wisata lain yang bisa anda jumpai ketika berada di lokasi satu ini. contohnya adalah Taman Kupu Kupu atau yang dikenal dengan Bali Butterfly Park, Swah Berundak Jatiluwuh, Pura Batukaru, dan juga Air Terjun Jatiluwih. Destinasi wisata tersebut, juga berada di sekitar kabupaten Tabanan.

Untuk bisa sampai ke lokasi satu ini, apabila anda berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Denpasar, maka anda akan membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk bisa sampai ke tempat satu ini. kemudian, ketika anda telah berhasil parkir, maka anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter untuk sampai ke air panas tersebut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Air Panas Belulang
Photo by Google Maps Eka Budiari

Setelah mengintip sekilas tentang daya tarik yang bisa anda nikmati di tempat satu ini, maka jika anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini, pengunjung pun hanya perlu untuk membayar tiket masuk yakni sekitar 10 ribu hingga 25 ribu rupiah saja untuk satu orangnya. Harga tiket masuk tersebut tergolong murah dan ramah di kantong.

Selain itu, anda pun bisa datang kapan saja ketika ingin berendam di lokasi satu ini. sebab, jam buka Air Panas Belulang adalah setiap hari dan selama 24 jam penuh. Namun, untuk menghindari keramaian sebaiknya anda datang saat hari kerja dan waktu siang hari saja. sebab, saat saat tersebut wisatawan tak banyak yang datang ke tempat satu ini.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Seru di Air Panas Belulang
Photo by Google Maps Parta wijaya

1. Berendam Air Panas

Mengunjungi destinasi wisata Air Panas Belulang ini memang menjadi salah satu tempat yang pas bagi anda untuk berendam air panas. Pasalnya disini, anda akan menemukan kolam untuk berendam air panas. Tak heran wisata satu ini memang perlahan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan kegiatan seru yang mampu melepas penat.

Sumber dari air panas ini sendiri berasal dari Pura Beji. Dimana pura tersebut fiyakini sebagai tempat stana dari Ida Putra Puncak Gunung Agung. Kemudian, air yang ada di Pura Beji tersebut ditampuung di dalam sebuah kolam yang selanjutnya akan dialirkan menuju ke beberapa pancuran yang ada, diantaranya adalah ke kolam pemandian air panas ini.

Untuk itu, salah satu kegiatan yang tidak bisa anda lewatkan ketika berkunjung ke tempat satu ini adalah berendam. Berendam disini akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sebab banyak yang mengatakan jika air yang ada di destinasi wisata satu ini memang mampu menyembuhkan penyakit kulit hingga rematik.

2. Self Healing

Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan di Air Panas Belulang adalah self healing. Saat aktivitas padat, tentunya anda perlu untuk menjernihkan pikiran. Hal ini tentu saja menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh anda segar dan kembali refresh. Untuk itu, kegiatan yang bisa anda lakukan adalah dengan berendam dan melihat keindahan alam.

Tidak dapat dipungkiri jika pemandangan alam yang indah dan juga berendam air panas akan mampu membuat pikiran menjadi lebih segar. Anda pun bisa melepas rehat akan aktivitas harian dengan datang ke tempat satu ini. dijamin, saat anda kembali pulang badan dan pikiran pun akan kembali lebih bugar.

3. Berfoto

Kegiatan hunting foto nampaknya tak bisa lepas ketika anda mengunjung destinasi wisata satu ini. hal tersebut dikarenakan saat anda datang ke lokasi tersebut, banyak spot foto menarik yang bisa anda gunakan untuk menambah feed di Instagram atau media sosial yang lain. Untuk itu, salah satu hal yang banyak dilakukan oleh wisatawan saat berada disini adalah dengan berfoto.

Saat anda trekking menuju ke lokasi pemandian air panas, maka anda pun akan mendapati banyak sekali spot menarik yang berisi pemandangan indah. Hal ini tentu saja akan membuat siapa saja menjadi ingin mengabadikannya dalam bidikan kamera. Bagaimana tidak, hamparan sawah yang luas dan tertata apik tentunya akan menjadi latar belakang foto yang sempurna.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Air Panas Belulang

Fasilitas di Air Panas Belulang
Photo by Google Maps Iyan Eka

Apabila berbicara menganai fasilitas yang terdapat di lokasi satu ini tentunya terbilang cukup memadai pasalnya, terdapat beberapa fasilitas penunjang yang akan membuat wisatawan nyaman untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini. adapun beberapa fasilitas yang bisa anda temui di tempat wisata ini adalah area parkir kendaraan yang cukup luas.

Sehingga anda pun tidak perlu kesusahan untuk memarkir kendaraan yang anda bawa di tempat lain. Karena merupakan salah satu tempat wisata air, tentunya Air Panas Belulang juga menyediakan ruang ganti untuk anda yang ingin berganti pakaian sebelum berendam. Kemudian, terdapat pula kamar mandi atau MCK.

Adanya kamar mandi tersebut dapat menjadi salah satu tempat yang pas untuk bersalin atau mandi setelah anda berendam di air panas. Selanjutnya, ada pula tempat untuk beristirahat dan juga rumah makan. Sehingga bagi anda yang kelaparan, rumah makan tersebut dapat menjadi tempat yang pas untuk mengisi perut.

Itulah beberapa informasi menarik seputar pemandian Air Panas Belulang yang favorit di Tabanan. Oleh karena itu, bagi anda yang berada di Pulau Bali dan kebetulan mengunjungi daerah sekitar Tabanan, maka pemandan air panas ini menjadi destinasi yang tidak boleh anda lewatkan.