Berburu kuliner saat malam malam hari terkadang lebih seru dan menyenangkan. Inilah deretan tempat kuliner malam di Pulau Dewata Bali yang menyediakan berbagai macam masakan yang lezat.

Bali dengan pesona alamnya yang indah memang menawarkan beragam bentuk wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat. Akan tetapi selain dari wisata alamnya yang terkenal, Bali juga mempunyai tempat kuliner yang tak jauh keren. Sebagai pendatang dari luar daerah tentunya Anda ingin menyecap masakan khas daerah Bali yang dijual di beberapa restoran atau warung makan.

Membayangkan pergi wisata kuliner selepas puas bermain di pantai atau destinasi wisata lainnya akan membuat Anda merasakan kepuasan tersendiri. Apalagi ketika malam tiba waktu akan terasa lebih panjang sehingga tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan kegiatan. Selain itu, apabila datang bersama pasangan maka suasana makan malam terasa romantis dengan ditemani kerlap-kerlip lampu.

Namun, sebelum pergi menjelajah kuliner Anda harus mengetahui tempat-tempat mana saja di Bali yang menyediakan masakan dengan cita rasa yang khas dan lezat. Tidak perlu khawatir dengan menu makanan yang monoton karena Bali mempunya segudang rasa dan jenis masakan yang berbeda-beda dan Anda dapat menyesuaikannya sesuai selera lidah. Berikut rekomendasi tempat kuliner malam di Bali yang menarik untuk dikunjungi.

1. Warung Indonesia

Warung Indonesia Bali
Image Credit: Google Maps (Tzu-Yu HUANG)

Menu masakan yang merakyat dapat Anda temukan di Warung Indonesia saja. Selain menu masakannya yang merakyat, harganya pun juga ramah di kantong sehingga tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam dan Anda sudah mendapatkan seporsi nasi beserta lauk yang mengenyangkan perut.

Menu yang biasa disajikan di warung ini adalah seafood, ayam goreng lalapan, nasi merah begana, nasi campur, ikan goreng manis, mie kuah, dan lain sebagainya. Namun, Warung Indonesia mempunyai menu andalan yang sering dipesan oleh para pelanggan yaitu nasi campur. Perpaduan antara nasi putih hangat dengan beragam macam lauk membuat siapapun tergiur.

Wisatawan domestik ataupun turis bisa datang kapan saja karena warung ini buka selama 24 jam penuh. Sangat cocok dihampiri ketika perut sedang keroncongan di malam hari. Khususnya para pengunjung dari luar negeri jika ingin mencicipi masakan khas Indonesia maka bisa datang ke tempat kuliner satu ini.

Lokasi: Jl. Popies II Gg Ronta, Kec. Kuta, Kab. Badung.

2. Mama San

Mama San
Image Credit: Travelandleisure.com

Jika mencari tempat kuliner yang memasak masakan Asia maka wajib datang ke Mama San. Restaurant ini menyediakan berbagai menu makanan Asia mulai dari Indonesia, Vietnam, Singapura, Filipina, dan beberapa negara lainnya. Konsep restaurant ini mengusung tema desain interior yang terkesan klasik dan bergaya vintage hampir mirip seperti retro.

Lebih baik segera datang di awal waktu jika akhir pekan tiba. Karena terkadang beberapa orang harus rela memesan tempat terlebih dahulu dan menunggu giliran agar bisa menyicipi hidangan di Mama San. Tidak mengherankan restaurant ini selalu nampak ramai sebab masakannya pun juga sedap. Menu utama yang disediakan adalah Kare Praw.

Lokasi: Jl. Raya Kerobokan No.135, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

3. Nasi Pedas Bu Andika

Nasi Pedas Bu Andika
Image Credit: Travelingyuk.com

Rekomendasi selanjutnya dari tempat wisata kuliner di malam hari yaitu Nasi Pedas Bu Andika. Seperti namanya, hampir keseluruhan makanan yang disajikan memiliki rasa pedas yang pasti akan membuat Anda tergila-gila. Bagi penyuka pedas atau suka menantang diri, disarankan untuk datang ke tempat makan ini dan mencoba memesan satu porsi nasi.

Seluruh lauk pauk ditaruh didalam panci dan digelar di dalam etalase serta ditata rapi berjejer-jejer. Dari depan kaca tentunya Anda sudah bisa memilih ingin makan lauk apa. Malam hari memang waktu yang enak untuk menyantap masakan pedas. Namun, bila Anda tidak terlalu kuat dengan cita rasa pedasnya, bisa membeli lauk lain yang tidak terlalu pedas.

Lokasi: Jl. Blambangan No.55, Kec. Kuta, Kab. Badung.

4. Restoran Merah Putih

Restoran Merah Putih
Image Credit: Penjorbalimandiri.com

Dari nama restorannya saja sudah simbolik dengan warna bendera negara Indonesia. Restauran ini dibangun dengan arsitektur yang megah serta tampak elegan. Bisa dikatakan Restauran Merah Putih termasuk ke dalam jejeran tempat makan terbaik di Bali. Masakan disana mempunyai cita rasa lezat yang diolah oleh para chef ahli.

Ketika datang kesini, Anda akan ditunjukkan menu makanan yang bervariasi mulai dari hidangan pembuka, makanan inti, hingga penutup. Seluruh menu disajikan dengan konsep modern bahkan termasuk dalam pengemasannya. Restaurant ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan dinner mewah bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Petitenget No.100X, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

5. Warung Nasi Men Lotri

Warung Nasi Men Lotri
Image Credit: Instagram.com @deliciousbali

Tampilan luar dari warung ini mungkin tampak sangat sederhana. Meskipun begitu Warung Nasi Men Lotri telah ada sejak lama dari tahun 1970. Sayangnya warung ini tidak menyediakan tempat duduk yang banyak, hanya sekitar 3 tempat yang ditaruh di bawah tenda. Untuk bisa mencicipi makanan di warung ini, Anda perlu datang pukul 10 malam sampai 3 pagi.

Bersabarlah jika antreannya dirasa cukup panjang. Karena banyak wisatawan yang ingin menjajal cita rasa makanan di Warung Nasi Men Lotri. Di warung ini dapat dijumpai berbagai menu seperti gorengan, mie goreng, nasi putih, daging sapi, daging babi, sambal, dan ayam goreng suwir.

Lokasi: Jl. Noja I No.24-16, Kesiman Petilan, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

6. Chicken Run

Chicken Run
Image Credit: Thebalibible.com

Menu utama yang disajikan di restoran ini adalah ayam. Konsep bangunannya memilik desain yang hampir serupa dengan restoran cepat saji. Selain itu, Anda bisa datang kapan saja terutama di malam hari karena Chicken Run buka selama 24 jam penuh. Datanglah bersama teman-teman agar bisa bebarengan menyantap ayam panggang utuh satu ekor dibagi sama rata.

Ayam panggang dari Chicken Run sudah terkenal karena kelezatannya dan bumbunya memiliki cita rasa khas. Harga satu ekor ayam panggang utuh dapat dibandrol mulai dari 70 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Lokasi: Jl. Sunset Road No.18, Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung.

7. Baku Dapa

Baku Dapa
Image Credit: Almostlanding-bali.com

Saat pertama kali menjumpai tempat makan ini pasti akan meninggalkan kesan kuno dan hampir seluruh perabotannya didominasi warna kayu. Baku Dapa siap melayani Anda selama 24 jam sehingga ketika malam tiba dan Anda ingin makan sesuatu yang hangat maka bisa datang kesini untuk memesan sop buntut.

Dinginnya malam bisa dilebur dengan kehangatan rempah-rempah kuah dari sop serta dagingnya yang empuk. Tempat makan ini cukup nyaman ditempati dan Anda bisa mendapatkan seporsi sop yang mengenyangkan perut dengan harga murah.

Lokasi: Jl. Tukad Pakerisan No.89a, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

8. Warung Mbok Limbok

Warung Mbok Limbok
Image Credit: Zomato.com

Percampuran antara masakan Bali dan Jawa ada di Warung Mbok Limbok. Jika Anda berasal dari daerah Jawa dan rindu masakannya maka bisa mampir ke warung ini untuk menyicipi salah satu menu yang ada. Biasanya menu yang sering dipesan oleh pelanggan adalah ayam sambal penyet dan ayam goreng kremes.

Warung ini menyediakan fasilitas berupa wifi yang bisa diakses secara gratis. Ketika datang ke warung ini, Anda akan disuguhkan bangunan yang berkonsep tradisional kejawaan. Walaupun tempatnya sederhana tetapi direkomendasikan untuk didatangi.

Lokasi: Jl. Nakula Barat, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung.

9. Sunny 16

Sunny 16
Image Credit: Google Maps (Tri Budhianto)

Menikmati malam bisa lewat secangkir kopi yang diseduh hangat. Sunny 16 merupakan kedai kopi yang lokasinya dekat dengan jalan raya sehingga termasuk posisi strategis untuk dikunjungi. Disana Anda bisa memilih beragam varian kopi sesuai selera.

Harganya yang terjangkau membuat kedai kopi ini selalu ramai akan pengunjung. Terlebih lagi di waktu malam hari yang biasanya adalah waktu paling nyaman untuk mengkonsumsi kopi. Selain kopi, terdapat beberapa makanan ringan yang bisa dipesan sebagai menu pendamping.

Lokasi: Jl. Dewi Sri No.68, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung.

10. Falafel House

Image Credit: Zomato.com
Image Credit: Zomato.com

Jika tadi sudah disebutkan restoran yang membuat masakan khas Asia, Jawa, Bali, maka kini Falafel House menyediakan menu khas Timur Tengah. Tempat makan ini dibuka setiap jam 10 pagi sampai jam 1 malam. Desain eksterior dan interiornya yang minimalis meninggalkan kesan indah tersendiri bagi pelanggannya.

Menu yang biasa disajikan di Falafel House adalah masakan kacang-kacangan yang bentuknya hampir mirip seperti pasta. Lalu, disana juga tersedia berbagai macam rasa minuman yang bisa Anda pesan sesuai mood. Tempat makan ini cocok untuk para kaum muda.

Lokasi: Jl. Raya Legian No.133, Kec. Kuta, Kab. Badung.

11. Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh
Image Credit: Infomakan.com

Salah satu tempat kuliner malam yang direkomendasikan untuk Anda adalah Ayam Betutu Men Tempeh yang merupakan kuliner terkenal di Bali sejak lama. Bangunan dari tempat makan ini mirip seperti hotel sehingga mudah ditemukan.

Jam buka dari tempat makan ini yaitu mulai dari jam 7 pagi sampai 10 malam. Anda bisa melakukan dinner bersama keluarga dan mencoba cita rasa ayam betutu yang khas. Jika dimakan bersama-sama, biayanya terjangkau berkisar 70 ribu rupiah per 2 porsi.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.146, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

12. Warung Mami

Warung Mami
Image Credit: Fanniyahs.com

Bali terkenal akan jumlah pantai dan lautnya yang melimpah. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa wisata kuliner disana didominasi dengan olahan makanan laut atau seafood. Salah satu tempat makan yang menyediakan menu utama seafood adalah Warung Mami.

Anda bisa memesan menu seafood seperti kerang, ikan laut, dan udang bakar. Semuanya disajikan dalam cara yang berbeda seperti digoreng atau dibakar. Namun, para pelanggan lebih menyukai olahan bakar yang dipadukan dengan sambal terasi dan matah.

Lokasi: Jl. Uluwatu II No.30X, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

13. Warung Wardani

Warung Wardani
Image Credit: Inclovermag.com

Tempat yang menyediakan masakan khas Bali bisa dibeli di Warung Wardani. Telah banyak para wisatawan domestic ataupun mancanegara yang datang ke warung ini untuk singgah menyantap makanan sedapnya. Menu favorit yang sering cepat habis adalah nasi campur dengan sambal.

Cita rasa yang dimiliki oleh warung ini juga terbilang khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Selain nasi campur Anda bsa memesan sate lili, dendeng sapi, ayam suwir, tumis kacang panjang, dan lain sebagainya yang dipadukan dengan sambal merah atau matah.

Lokasi: Jl. Yudistira No.2, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.

14. Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking
Image Credit: Facebook.com @baleudangbali

Lokasinya yang tak jauh dari Pantai Kuta membuat Bale Udang Mang Engking banyak didatangi wisatawan yang baru selesai bermain di pantai. Menu utama yang disajikan pun berupa udang dengan cara penyajian berbeda-beda.

Tempatnya yang berbentuk bale cukup nyaman ditempati sehingga dijamin betah berlama-lama disini. Disarankan untuk pergi ke bale ini saat malam tiba karena biasanya terdapat penampilan seni tradisional khas Bali yang akan menghibur Anda.

Lokasi: Jl. Nakula No.88, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

15. Bali Buda

Bali Buda
Image Credit: Facebook.com @balibudacafe

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet dan bingung memilih restoran mana yang tepat untuk dikunjungi, maka Bali Buda adalah solusinya. Karena baik untuk diet, menu yang disajikan dominan dengan sayur mayor dan buah-buahan.

Semua bahan merupakan hasil petikan dari kebun sendiri sehingga kualitasnya terjamin. Anda bisa menemukan restoran ini di wilayah Ubud. Bali Buda buka mulai pukul 7 pagi sampai dengan 10 malam nanti.

Lokasi: Jl. Jembawan #1, MAS, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

Itulah rekomendasi tempat kuliner malam di Bali yang bisa Anda pilih saat berlibur ke Pulau Dewata. Anda bisa memilih tempat makan yang sesuai dengan selera lidah. Murah atau tidaknya bisa disesuaikan dengan jumlah makanan yang dipesan dan lauk yang diambil.